Textual description of firstImageUrl

Tips Menggoreng Ayam Agar Crispy

menggoreng ayam agar crispy
Menggoreng Ayam Crispy
Cara menggoreng Ayam agar crispy kelihatannya mudah namun banyak tantangan.  Selain minyak yang meletup dan meledak-ledak, juga ayam goreng kadang-kadang menjadi keras bahkan alot.  Berikut tips cara menggoreng ayam agar crispy atau garing di luar namun lembut di dalam.



 

Menggoreng terlalu lama dengan api sedang membuat ayam tidak crispy, melainkan keras atau alot

Tips menggoreng ayam agar crispy: 

  1. Ayam digodok atau diungkep (minimal 2 jam) dengan bumbu-bumbu (terserah mau pakai bumbu apa, Kalasan, Ayam Goreng biasa, Kremes, dll). Tiriskan terlebih dahulu dari kuah ungkepan bumbu sehingga tidak basah atau berair, melainkan kering. Gunanya agar pada saat di goreng, mengurangi letupan atau ledakan. 
  2. Panaskan minyak.  Minyak yang dipakai boleh minyak bekas pakai NAMUN masih kondisi baik atau minyak setelah gorengan ke 2. Karena, setelah menggoreng ayam minyak biasanya kotor, sehingga harus dibuang. 
  3. Banyaknya minyak setidaknya 1/2 dari badan ayam terendam.  Ada yang menggoreng dengan minyak penuh atau deep fried, sesuai selera. 
  4. Setelah minyak panas, masukkan ayam, dan tutup wajan untuk meminimalisir letupan atau ledakan pada saat menggoreng.  Ingat, selalu hati-hati dalam melakukan sesuatu pekerjaan.  
  5. Jika takut terkena letupan minyak, matikan kompor  pada saat proses pembalikan. Lalu nyalakan api setelah ayam goreng di balik dan lanjutkan proses penggorengan.
  6. Selain poin nomor 5 di atas, Anda juga dapat menggunakan tutup penggorengan.  Namun, hawa panas dapat membuat embun air pada tutup dan meningkatkan letupan karena mengandung embun air menetes pada minyak. Karenanya, setelah tutup kelihatan berair, keringkan dengan menggunakan serbet lalu dapat ditutup kembali.

Ayam Goreng crispy ala Kentucky: 

ayam goreng ala ayam kentucky
Ayam goreng ala Kentucky
  1. Minyak harus panas dan gorenglah SEBENTAR saja. Karena, menggoreng terlalu lama dengan api sedang, bukannya hasil yang crispy, melainkan keras atau alot. Minyak panas, menghasilkan gorengan yang berwarna kecoklatan, garing di luar, namun daging tetap lunak di dalam.
  2. Ayam yang telah dibumbui, dapat digulingkan di atas telur (telur yang dikocok pakai garpu dan harus rata, sehingga tidak ada gumpalan putih telur). Gulingkan di atas tepung bumbu "Kentucky" 1x.  Jika Anda senang yang tebal, Anda dapat melakukan proses pelapisan tepung 2 kali. Ayam digulingkan kembali ke dalam kocokan telur dan dilumuri lagi dengan tepung bumbu 
  3. Proses menggoreng sama dengan diatas, namun, biasanya, ayam goreng ala "Ayam Kentucky", pada saat di goreng, letupannya tidak se"dashyat" tanpa tepung. Karena daging ayam telah diselimuti telur. Namun, tetaplah tutup wajan untuk menjaga keselamatan Anda dari cipratan minyak panas.
Lihat Resep Terbaru di sini

Selamat mencoba! :) 
Lihat Resep lainnya klik pada judul : 
Membuat Kaldu Ayam Jernih Tidak Butek, 
Resep Chicken Katsu Rumahan
                              
Copyright of Winda Tanu
Klik label "Tips Memasak" atau "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya
Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.