Textual description of firstImageUrl

Tips Buat Tape Ketan Manis Dan Tidak Asam


tape ketan manis
Tape Ketan Manis
Tape Ketan manis dan tidak asam gampang-gampang susah. Membuat Tape Ketan mudah dan cepat, namun Tape Ketan belum tentu manis.  Malah terkadang asam dan berbau. Nah, ada tipsnya loh yang mungkin tidak kamu ketahui.  Berikut tips membuat Tape Ketan agar manis dan tidak asam.



Tips Buat Tape Ketan Manis Dan Tidak Asam :

  • 500 gram Beras ketan, dicuci bersih dan direndam dengan air 1/2 jam. Airnya jangan terlalu banyak, tetapi asal membuat beras ketan tertutup air.
  • 1/3 ragi Tape (biasanya bundar berbentuk pil sebesar pil Redoxon), berwarna putih.  Biasanya beli di pasar. Ragi tersebut di potek/dipatahkan, lalu ditumbuk hingga halus seperti bubuk. Biasanya untuk 500 gram Beras Ketan, saya memakai 1/3 dari "pil" ragi tersebut. Jangan terlalu banyak karena akan pahit, dan jangan terlalu sedikit. 1/3 ragi adalah pas.
  • 1 hingga 2 sendok makan (sendok makan biasa) gula pasir.
Setelah dicuci dan ditiriskan, beras ketan dikukus hingga 1/2 matang.  Lalu siram air matang dengan menggunakan gelas agar ketan sepenuhnya matang dan tidak terasa keras jika di gigit atau di pencet dengan jari.  Namun jangan terlalu matang.  Setelah matang, dinginkan dengan cara di kipas-kipas lalu setelah agak dingin  atau hangat, pindahkan ke wadah yang bersih. Tebarkan ragi secara merata bersama gula pasir. Aduk merata dan tutup dengan kain atau wadah yang bersih. Jika di taruh di dalam wadah plastik. Tutup dengan kain agar gelap atau simpan di tempat yang gelap dan bersih. Diamkan selama 2-3 hari. Tape ketan akan jadi dan manis. 

Kesalahan Dalam Membuat Tape Ketan Sehingga Asam:

  1. Wadah yang digunakan tidak bersih.  Cucilah wadah yang akan digunakan untuk menyimpan Tape. Misalnya Anda menggunakan Tupperware, cuci hingga bersih dan tidak ada bekas minyak atau bau makanan. Jika kurang bersih, Tape akan berbakteri dan asam serta berbau.
  2. Pastikan wadah yang akan digunakan KERING dan tidak basah bahkan air setetes pun akan membuat Tape Ketan menjadi asam karena berbakteri. 
  3. Ragi bekerja dengan gula. Pakailah gula sedikit namun jangan terlalu banyak.
  4. Ragi akan mati jika terlalu panas. Kipas-kipas atau dinginkan beras ketan sebelum ditaburi ragi. Jangan terlalu panas namun juga jangan ketika dingin. Hangat kuku adalah pas.
  5. Jangan meniup-niup beras ketan, terutama ketika proses mendinginkan beras ketan sebelum ditaburi ragi.  Air liur atau udara dari dalam mulut mengandung bakteri yang dapat membuat beras ketan terkontaminasi dan asam. Oleh karenanya, selama menaburi ragi usahakan jangan berbicara atau membuka mulut sehingga steril.  Air ludah yang keluar dari mulut juga dapat membuat tape asam lho! Apalagi membuat Tape Ketan sambil ngomel, di jamin tidak jadi ! 
  6. Ketika mencicipi Tape Ketan pastikan sendok yang digunakan bersih dan kering. Jika sudah dicicipi dan terasa masih kurang, jangan gunakan sendok yang sama yang sudah masuk ke mulut. Gunakan sendok baru yang masih kering dan bersih.
  7. Kebersihan sangat menjamin keberhasilan membuat Tape Ketan yang manis. Selain wadah yang bersih, tangan juga harus bersih, sendok bahkan baju Anda. Bila perlu rambut di kuncir agar kotoran kasat mata tidak jatuh ke dalam Tape Ketan yang menyebabkan Tape Ketan menjadi asam.  Selamat membuat Tape Ketan!
Lihat resep lainnya : Singkong Thailand Dengan Bubur Mutiara,
                                  Resep Cheese Cake Mudah
                                  Resep Cakwe Anti Gagal

Copyright of Winda Tanu

Klik Label "Tips Memasak" atau "Snacks" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.