Resep Cakwe Anti Gagal - Chinese Doughnut

resep cakwe anti gagal
Resep Cakwe anti gagal

Setiap orang dapat membuat Cakwe. Resep cakwe anti gagal ini sudah saya coba berkali-kali. Setelah mencoba beberapa resep Cakwe, dari yang scratch sampai membeli adonan resep Cakwe dalam pak, semuanya gagal. Tapi, resep Cakwe ini bisa mengembang dan bagus. Membuat Cakwe sedikit repot dan perlu kesabaran dan kehati-hatian karena minyaknya banyak dan panas. Resep Cakwe anti gagal ini aman tanpa Amoniak.

Walaupun bagian dalamnya tidak sekopong Cakwe yang dijual di pinggir jalan, namun memakannya tidak was-was karena kita tahu cara membuatnya. Berikut, tips membuat Cakwe agar mekar :

Resep Cakwe Anti Gagal :

Berhubung banyak yang menanyakan resep Cakwe ini, maka saya revisi kata-katanya agar lebih sederhana. Takaran bahan berubah karena saya coba terus dan perbaiki kekurangannya. Jika ikuti langkahnya, pertama kali buat pasti berhasil, walau bentuknya kurang bagus, tapi rasanya sudah enak. Resep Cakwe anti gagal ini tanpa Amoniak:
  • 1.5 Mug ATAU 2 1/4 cup terigu.  Gunakan Segitiga Biru karena mengandung banyak gluten atau Robinhood original Flour. Jika tidak memiliki cup, gunakan MUG/gelas, yang tingginya kira-kira 9 cm, diameter 8 cm. Lihat gambar di bawah.
adonan cakwe mekar
Adonan Cakwe Kurang Air
  • 1/2 sdt baking powder (resep sebelumnya 2 sdt, terlalu mekar dan agak pahit). Saya pakai Magic Baking Powder - gambar di bawah).
  • 3/4 sdm gula pasir/sugar
  • 1 - 1.5 sdt garam
  • 1/4 sdt ragi/yeast (saya pakai merk Koepoe2 atau Fleischmann's Quick rise)
  • 1/2 hingga 3/4 Mug air (jika menggunakan takaran MUG) ATAU 3/4 CUP- jika menggunakan takaran CUP (suhu ruang) air. Ini untuk mencampur ragi. Setelah ragi tercampur, tuang air ke adonan. AIR = RAHASIA SUKSES CAKWE.  Terlalu banyak air, adonan jadi encer dan sangat lengket. Kurang air, adonan jadi terlalu liat dan bantat. Perhatikan ukuran MUG atau CUP (gambar bawah). AIR sangat penting! 
  • 2-3 sdm minyak goreng bersih

Cara Membuat Cakwe :

  • Taruh di dalam bowl/wadah : Terigu, baking powder, gula pasir, garam, dan baking soda. Aduk rata dengan menggunakan WHISK. Gunanya, agar tepung dan bahan-bahan tercampur rata serta whisk memberi "napas" pada tepung/seperti diayak.  
  • Masukkan air yang sudah tercampur ragi, tuang perlahan-lahan ke dalam adonan Cakwe hingga air dalam cup (yang berisi larutan ragi) habis. Uleni hingga tercampur rata.  Hati-hati saat menambahkan air.  Jangan berlebih, jangan kurang. 
  • Adonan awalnya akan terasa kering, tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit hingga adonan Cakwe terlihat lebih lentur, tidak kering, dan warnanya agak cerah, uleni hingga rata sekitar 5-10 menit. Namun jangan tambahkan air melebihi ukuran resep.  Jika adonan kering, tambahkan minyak goreng bersih (namun jangan terlalu banyak maksimal 2-3 sendok makan minyak bersih untuk 1 adonan Cakwe ini). Air jangan di tambah melebihi takaran.
Cara menguleni Cakwe agar mengembang:
Diputar berlawanan arah jarum jam dan sesekali pencet-pencet adonan Cakwe menggunakan jempol hingga uap udara di dalam adonan Cakwe hilang. Diamkan selama 30 menit, tutup dengan kain. Agar tidak lengket, gunakan sarung tangan plastik atau plastik lembaran 2kg yang dibalik sehingga bagian dalamnya di luar dan tangan kita tertutup plastik tersebut. 
resep cakwe
Adonan Cakwe Terlalu Banyak Air
Setelah 30 menit, uleni lagi adonan Cakwe berlawanan arah jarum jam dan pencet-pencet terus adonan Cakwe. Ulangi hingga 3x30 menit. (diulang hingga 3 kali) masing-masing uleni selama 2-3 menit, lalu diamkan selama 1 jam.
baking powder

Setelah 1 jam, adonan Cakwe akan terlihat lebih putih, lebih lentur.  Dan tidak terlalu lengket. Jika masih lengket juga, campurkan 1 sdm minyak goreng bersih.  Bulatkan adonan Cakwe jadi satu, masukkan adonan Cakwe ke dalam plastik dan simpan ke dalam kulkas (bukan Freezer), diamkan selama 1 malam. Esoknya, ambil adonan Cakwe dari kulkas dan diamkan di suhu ruang setidaknya selama 1 jam.
  • Agar tidak lengket, pada saat di dalam plastik, adonan cakwe bisa segera di gilas. Lalu potong/gunting plastiknya.  Jika tampak sangat lengket, itu wajar.  Taburi tepung sedikit pada permukaannya. 
resep cakwe mengembang
Adonan Cakwe Di tumpuk
  • Cakwe dipotong panjang 10 cm x 2 cm x 1cm lalu di tumpuk. Bagian tengahnya ditekan dengan tusuk sate yang sudah diminyaki agar tidak lengket.(Saya memakai punggung pisau roti yang tidak tajam (hati-hati, sebaiknya gunakan pisau roti yang tidak tajam). Dapat juga pakai tusuk sate yang dilumuri minyak agar tidak lengket. Namun jangan sampai putus.
  • Panaskan minyak hingga benar-benar panas, lalu goreng adonan Cakwe dengan cara ditarik mulur, namun jangan terlalu tipis.
  • Goreng dengan menggunakan capitan, dengan gerakan mencapit sambil menggembung-gembungkan adonan Cakwe. (Lihat Video Menggoreng Cakwe di bawah).
Tips membuat Cakwe Agar Mekar:
  • Gunakan terigu Segitiga Biru atau Robinhood atau Five Roses. Merk lain,  kurang mengembang. Apalagi, jangan menggunakan terigu khusus untuk membuat pastry. Paling bagus, gunakan tepung khusus untuk membuat roti.
  • Gunakan takaran sendok yang seperti di jual di Toko kue, jangan gunakan sendok makan atau sendok teh biasa. (Lihat Gambar di Bawah).
  • Menguleni harus sabar, sambil di pencet-pencet agar udara di dalam adonan keluar. Semakin sabar menguleni, adonan semakin lentur yang menjadi kunci keberhasilan membuat Cakwe.
  • Jangan terburu-buru memotong dan menggoreng adonan Cakwe ketika baru dikeluarkan dari kulkas karena adonan Cakwe masih dingin, tidak akan mengembang. Setidaknya diamkan selama 1 jam setelah dikeluarkan dari Kulkas. Adonan Cakwe terasa lembut dan mudah diulur/lentur.  Jika adonan Cakwe kaku, maka Anda dipastikan 90% gagal. Adonan Cakwe harus LENTUR.
  • Semakin lama adonan Cakwe di dalam kulkas, Cakwe akan terasa LEBIH lembut atau mengembang.  Adonan Cakwe tidak menggunakan telur, sehingga dapat di diamkan di dalam kulkas lebih dari 1 hari, maksimal 1 minggu.
  • Pada saat memotong adonan Cakwe terasa lengket, gunakan atau lumuri tangan dan talenan dengan SEDIKIT tepung terigu (jangan melebihi 1/2 sendok makan).  Sedangkan pisau yang lengket, Anda dapat menggunakan minyak goreng bersih (pisau di oles minyak).
  • Jangan menggilas adonan Cakwe terlalu tipis, nanti tidak mengembang, melainkan kaku seperti sumpit. Sebaiknya tebalnya 1 cm. Setelah Cakwe jadi, cicipi rasanya, sehingga berikutnya Anda dapat menambahkan cita rasa sesuai lidah Anda, misalnya kurang garam, ingin tambah penyedap rasa, dll. 
  • Yeast atau ragi yang digunakan jangan sampai sudah terlalu lama (sudah jelek atau expired). Ragi yang telah dibuka dari kemasan, harus ditutup rapat dan tidak boleh lebih dari 4 bulan. Saya tidak memakai baking soda untuk menghindari bahan kimia berlebih karena sudah pakai baking powder.  Namun, beberapa orang menyukai Cakwe dengan baking soda. (Resep sebelumnya memakai baking soda). Dengan Baking Soda, Cakwe akan lebih kopong dan kulitnya lebih tipis. Jika ingin memakai Baking Soda, gunakan 1/4 sdt (sendok teh).
Resep sebelumnya tuang air perlahan. Setelah dicoba berkali-kali, ada baiknya air sekaligus di tuang, jika takarannya sudah yakin PAS. Karena jika adonan sudah menyatu, tambahan air akan membuat adonan menjadi basah. Air jangan MELEBIHI 150 ml.
Mug untuk membuat kue

** Awal menggoreng Cakwe, minyak harus panas. Namun setelah minyak panas, kecilkan sedikit api, sehingga Cakwe tidak mudah gosong sementara bagian dalamnya masih mentah. 
cakwe mekar

Gunakan takaran seperti gambar di bawah, jangan gunakan sendok makan atau sendok teh biasa untuk takaran Baking Soda maupun bahan lainnya.
measuring cup
Measuring CUP dan Ukuran Sendok

My video :Menggoreng Cakwe - Chinese Doughnut


Resep di muat di Asian Parenting versi Online:
Klik link berikut : Resep Cakwe Anti Gagal, Renyah di Luar Kenyal di Dalam, namun Takaran Terigu perlu dikoreksi.

Selamat Makan Cakwe!

Resep Cakwe Lainnya : 
Resep Cakwe Mekar 2 Lebih Sederhana dan Mudah
Resep Gemblong Ketan Legit

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Hidangan Pembuka" atau "Snacks" atau "Aneka Lauk"  
dibawah untuk resep lainnya

Comments

  1. thanks...petunjuknya sangat detail sekali.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, selamat mencoba, semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih sharing resepnya. Karena menurut winda air menentukan keberhasilan cakwe, mohon informasinya takaran air dalam satuan ML... Terimaksih sebelumnya winda yg baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya membuat dengan takaran cup. Tapi nanti saya revisi dengan ml. Thank you atas sarannya.. mohon sabar ya ..

      Delete
  4. Suka banget sama resepnya. Detail dan rinci sekali. Jadi tau hal apa saya yang harus dilakukan dan jangan dilakukan. Terimakasih atas ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama.. trima kasih utk complimentnya.. :) good luck :)

      Delete
  5. Terimakasih banyak untuk resepnya.. sangat bermanfaat dapat resep dari pakarnya .

    ReplyDelete
  6. Thank you udah mampir.. wah saya ngga pakar loh. ini masih coba2.. jadi ngga enak pujiannya setinggi langit.. Terima kasih udah mampir ke blog ini ya... :)

    ReplyDelete
  7. Beberapa kali nyobain berbagai resep selalu gagal total alias gak bisa ngembang sempurna, semoga dengan resep ini saya bisa membuat cakwe kesukaan keluarga, thank you for sharing ♥

    ReplyDelete
  8. Thank you udah mampir and selamat mencoba semoga berhasil. Keberhasilan membuat Cakwe, tergantung ragi, baking powder/soda dan tepung yang digunakan apalagi ragi dan baking powder/soda jangan sampai expired, dijamin ngga bakal mengembang sempurna. Cakwe ini tidak memakai Amoniak, jadi tengahnya tidak sekopong Cakwe pinggir jalan, yang penting sehat dan minyak bersih. Selamat membuat Cakwe :)

    ReplyDelete
  9. ini detail banget...selama ini aku pikir sendok makan biasa tuh sama aja takarannya sama cooking spoon..ternyata beda...makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you buat komennya yang positif and terima kasih udah mampir ke blog aku..selamat membuat semoga berhasil. Ya sendok takaran kue beda dengan sendok biasa. Good Luck ya :)

      Delete

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.

RESEP FAVORITE PEMBACA

Bakso Goreng Kopong

Cara Merebus Dan Membuat Kaldu Ayam

Tips Menggoreng Perkedel Agar Tidak Hancur