Textual description of firstImageUrl

Resep Chicken Katsu Rumahan

chicken katsu
chicken katsu
Membuat Chicken Katsu rumahan tidak susah. Jika anak susah makan tapi senang jajan, pasti tahu Chicken Katsu, salah satu menu andalan restoran waralaba di Jakarta. Kita dapat membuat Chicken Katsu sendiri di rumah, dan super mudah.  Tidak membutuhkan banyak bumbu dan cocok sebagai ide jika tidak tahu harus masak apa hari ini.

Chicken Katsu sama dengan Chicken Cordon Bleu, bedanya, Chicken Katsu lebih tipis karena tidak memakai keju ataupun ham.

Resep Chicken Katsu rumahan: 

  • 300-400 gram Dada ayam tanpa tulang 
  • garam dan lada secukupnya
  • Tepung roti
  • 1 Telur
  • 1-2 sdm minyak goreng
  • 1-2 sdm saus Tiram
Lihat cara membuat Chicken Cordon Bleu.  Namun, dada Ayam di iris lebih tipis sekitar 1 hingga 1.5 cm tebalnya dan di pukul-pukul agar daging Ayam sedikit melebar dan tipis sehingga bumbu akan menyerap. Cara panggang dan lainnya sama dengan Chicken Cordon Bleu
**Namun, untuk Chicken Katsu, dipanggang maksimal 10 menit bagian atas dan dibalik lalu 10 menit bagian bawah. Jangan terlalu lama agar tidak keras. Panas Oven 380F atau 190C.
Kita dapat memakai tepung panir/roti yang sudah di tambah dengan parutan keju kering atau bubuk keju atau keju parmesan.  Rasanya lebih enak dan wanginya lebih harum.  Sebelum di lapis tepung roti, lumuri daging ayam dengan 1 sdm saus Tiram sehingga warna dan rasanya lebih enak. Selamat mencoba! :)

Tips membuat chicken katsu dengan oven:

  • Chicken Katsu yang warnanya agak terang (pada gambar kiri atas), adalah karena tidak di berikan minyak goreng permukaannya. Sedangkan yang gelap, karena di beri minyak goreng. Agar garing, Chicken Katsu lebih enak jika di goreng. Jika ingin di goreng, tepung "Kentucky" lebih cocok untuk proses penggorengan.  Daging Ayam dapat di pukul/ditipiskan dengan palu daging atau dengan Cobek/Ulekan hingga tipis dan lebih crispy/garing.  Selamat mencoba ! :)
  • Pangganglah dengan suhu tinggi 380F selama 10 menit lalu keluarkan dan balik, panggang lagi pada suhu yang sama. Suhu tinggi akan membuat daging ayam terasa Crispy tidak keras namun bagian dalamnya tetap empuk. Jangan memanggang dengan api kecil dan terlalu lama. Oleh karena itu, usahakan irisan tidak terlalu tebal agar matang sempurna. 
Lihat Resep Lainnya: Resep Burger Rumahan Ala Kafe

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya

2 comments:

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.