Textual description of firstImageUrl

Bakso Goreng Kopong

bakso goreng kopong
Bakso goreng kopong
Bakso goreng kopong adalah bakso yang bulat dan kopong pada bagian tengahnya  dan tidak ciut setelah di goreng.  Bakso yang digoreng akan besar awalnya lalu setelah dingin Bakso akan menciut atau mengecil.  Agar bakso tetap kopong dan besar, pasti ada rahasianya. 
Pertama, Tentukan daging bakso. Daging dapat berupa ayam, ikan atau babi.  Rahasianya, semakin banyak lemaknya, maka bakso goreng akan semakin kopong.  Jika daging semakin liat atau padat atau lean, maka bakso goreng akan padat berisi dan susah kopong. Daging ikan atau babi (karena banyak lemak) lebih mudah untuk bakso goreng kopong dibandingkan bakso ayam.

Bakso Goreng Kopong: 

  1. Ikan tenggiri yang sudah dihaluskan (saring durinya) atau ayam giling atau babi giling.
  2. Sagu. Jika daging 70% maka sagunya 30%, jadi tergantung dari banyaknya daging yang Anda gunakan. Kalau ada hanya 250 gr atau bahkan setengah mangkuk, bisa di gunakan, seadanya saja yang penting proporsi antara daging dan isi serta sagu. 
  3. garam, lada.
  4. Minyak goreng bersih untuk di campur ke dalam adonan, biasanya saya pakai 2-3 sendok untuk 250 gr daging.  
  5. 1/4 gelas air dingin.
Uleni semua bahan bakso goreng, lalu coba di bulatkan seperti bola kecil, jika belum bisa dibulatkan, tambahkan sagu.  Jika terlalu banyak sagu, bisa pakai Maizena atau corn flour. Jika sudah dapat dibulatkan, taruh adonan bakso goreng di dalam kulkas setidaknya 2 jam (adonan bakso goreng ditutup agar tidak kering). Adonan harus sedikit lembek. Sehingga pada saat di goreng, bagian tengahnya akan kopong dan memutar2 sendiri berbentuk bola. Adonan jangan padat (seperti membuat Bakso), apalagi sampai bisa di bulatkan dengan kepalan tangan, dijamin Bakso akan padat seperti Bakso bulat dan bagian tengah tidak kopong. Adonan harus lembek dan membulatkannya dengan dua sendok kanan kiri.
Bakso yang bulat dan kopong pada bagian tengahnya  dan tidak ciut setelah di goreng.
Panaskan minyak untuk menggoreng, dari awal di set dengan api sedang. Jangan di set api besar lalu dikecilkan. Tapi, sedari awal apinya sudah sedang.  Coba masukkan adonan bakso goreng sedikit saja (sebagai percobaan), jika langsung berbuih berarti minyak sudah panas. Ketika adonan bakso goreng di masukkan, kecilkan api.  Minyak yang digunakan harus banyak sehingga adonan bakso goreng tenggelam. 
bakso goreng kopong tengahnya
Menggoreng Bakso

Tips agar Bakso Goreng Menjadi Kopong: 

  1. Gunakan sagu dan jangan terigu. Komposisi sagu adalah 30 persen dari jumlah daging. Uleni adonan dan tutup dengan plastik, simpan di dalam kulkas setidaknya 2-3 jam.
  2.  Agar kopong, tambahkan setidaknya 2-3 sdm minyak goreng bersih ke dalam adonan. Minyak membuat adonan menjadi ringan dan teksturnya kopong atau berongga.  Teori ini seperti membuat Kue Soes/Sus yang tengahnya berongga karena menggunakan mentega yang banyak atau minyak.
  3. Setelah dikeluarkan dari kulkas, goreng dalam minyak yang banyak hingga adonan terendam. 
  4. Jika Bakso goreng sudah kopong maka bakso akan mengapung sendiri ke permukaan minyak dan berputar2 sendiri.
Probabilitas keberhasilan membuat bakso goreng kopong adalah jika yang digunakan ikan tenggiri atau bakso ikan.  Bakso ayam atau daging lainnya, agak sedikit padat. Jika ingin menggunakan baking powder/soda, dapat ditambahkan 1/2 sdt untuk 250 gr daging, namun hati2 pada saat menggoreng. Minyak yang terlalu panas dapat membuat bakso meletus dan minyak terciprat.

Beberapa orang menggunakan telur agar lembut, boleh saja, namun kebanyakan telur, gorengan akan membesar lalu menciut ketika selesai diangkat dari kompor. Jika ingin tidak menciut, apinya kecil dan menggorengnya lama, tambahkan air pada adonan bakso goreng.  Air memberikan efek garing pada gorengan sehingga krispi kulit luarnya.  Penambahan air dapat juga untuk membuat bakwan sayur atau bakwan Jagung agar gorengan crispy atau garing diluar empuk di dalam. 

Kesalahan umum :
  1. Minyak kurang panas, adonan sudah dimasukkan.
  2. Adonan harus sedikit lembek bukan liat seperti adonan bakso (bakso yang di rebus). Jadi bulatkan adonan dengan menggunakan 2 sendok makan. Pada saat di masukkan ke minyak, adonan tidak terlalu bulat namun akan membulat sendiri.
  3. Minyak untuk menggoreng kurang banyak sehingga bakso tidak terendam dan tidak dapat mengapung.
  4. Kompor sedari awal sudah di set dalam keadaan api besar. Api harus kecil dan biarkan minyak panas dengan sendirinya.  Harus sabar ya.
    bakso goreng kopong

Selamat Mencoba!!

Lihat Resep Terbaru Klik Disini

Lihat Resep Populer klik pada judul :
Tips Menggoreng Perkedel Agar Tidak Hancur
Resep Bakwan Sayur Renyah Ala Gorengan Pinggir Jalan
                               
Lihat Resep Lainnya :Jamur Goreng Renyah Crispy
Video Menggoreng Bakso Goreng Kopong: Klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Snacks" atau "Aneka Lauk" untuk resep lainnya
Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.