Textual description of firstImageUrl

Cara Merebus Dan Membuat Kaldu Ayam

cara membuat kaldu ayam
kaldu ayam tidak butek
Cara membuat kaldu ayam yang enak dan tidak butek butuh kesabaran. Hasilnya adalah kaldu ayam yang enak dan tidak keruh. Kaldu Ayam buatan rumah sangat enak dipakai buat sup Ayam. Kaldu ayam yang sempurna ketika di godok, walau berhari-hari rasanya tetap enak, jernih dan kaldu tidak berbau amis. Bahkan jika ditambahkan air, rasanya tetap sama dan rasa kaldu ayam masih terasa. 

Cara Merebus Dan Membuat Kaldu Ayam:

  1. Air yang dituang di panci harus mendidih sempurna hingga seperti kawah gunung berapi/berbuih. Setelah air mendidih dan meletup-letup, baru masukkan daging ayam (yang ada tulangnya, bukan daging Ayam Fillet). Jika air belum mendidih jangan masukkan daging ayam. Karena jika daging ayam di masukkan, daging akan mengeluarkan darah yang membuat air menjadi butek/tidak jernih bahkan cenderung kotor.  Air mendidih akan membuat daging ayam seketika matang, dan mencegah darah ayam keluar yang membuat kaldu ayam menjadi butek. 
  2. Setelah daging dimasukkan, jangan di tinggal. Karena sewaktu-waktu kuah kaldu ayam sering membludak dan meluber. Panci jangan ditutup dulu. Pada proses ini, jangan meninggalkan proses penggodokan ini.
  3. Jangan lupa, masukkan garam. Karena garam akan meresap pada proses membuat kaldu ayam. Namun jika suka, bisa tambahkan merica sedikit. Jika lupa memasukkan garam dan garam dimasukkan ketika Kaldu sudah matang, rasa kaldu ayam terasa kurang mantap. 
  4. Setelah daging ayam terlihat matang (padat dan warna tidak lagi pucat), perlahan-lahan kecilkan api namun kondisi air rebusan kaldu ayam masih meletup-letup kecil. Ada letupan dari air mendidih, api jangan terlalu kecil/letupan hilang.
  5. Pastikan tusuk daging ayam sekitar tulang dan pastikan dagingnya benar-benar sudah matang. Seringkali sekitar tulang kaki, dagingnya masih belum 100% matang, warnanya masih kemerahan. Cegah hal ini, apalagi darah masih keluar, maka kaldu akan berwarna butek, tidak jernih.
  6. Proses pengecilan api adalah proses awal membuat kaldu ayam dari tulang ayam yang di rebus tersebut. Tutup panci dan boleh di tinggal.  Namun tetap waspada, jangan lupa kompor anda.

Berapa Lama Merebus Kaldu Ayam?

Terserah dan tergantung selera. Saya biasanya merebus kaldu ayam antara 1-1.5 jam (sejak Ayam dimasukkan ke dalam panci).  Semakin lama, kaldu semakin terkonsentrasi (terutama ketika api sudah di kecilkan).  Saat menggodok air rebusan berkurang, tambahkan dengan AIR PANAS jangan air dingin.  Air dingin akan membuat kuah kaldu menjadi dingin atau letupan berkurang dan daging ayam akan mengkerut dan keras. Selain itu, jika daging Ayam belum matang seluruhnya, darah Ayam akan keluar dan membuat kaldu butek.

Kaki ayam atau tulang kaki ayam terutama paha atas, kaldu ayamnya akan lebih banyak dibandingkan bagian dada ayam. Jangan memakai paha bagian bawah atau pentung. Karena banyak lemak tak jenuh dan kaldu hanya berisi lemak.  Sedangkan tulang ayam bagian dada, lemaknya sedikit dan air rebusan akan keruh atau butek. Jika ingin cepat atau menghemat waktu, pisahkan/potong daging Ayam dari tulangnya.  Sehingga perebusan kaldu atau air langsung menggodok tulang Ayam. Masukkan tulang Ayam dan daging yang telah dipotong kecil ke dalam air rebusan secara bersamaan.

Baca Resep Lainnya:
Kaldu yang terkonsentrat, warna kuahnya bening, agak coklat muda, baunya tidak amis, dan rasanya sangat kental khas kaldu ayam. Dapat ditambahkan seiris jahe untuk mencegah bau khas kaldu ayam (jika Anda kurang suka bau kaldu) dan daun bawang yang diiris ke dalam kuah, sehingga aroma kuah kaldu ayam terasa seperti kuah kaldu restaurant lho! Penambahan Jahe pada saat awal perebusan Kaldu sedangkan Daun Bawang pada saat Kaldu Ayam sudah jadi dan kompor sudah dimatikan, masukkan Daun Bawang dan tutup panci.

Untuk membuat kaldu ayam sebaiknya gunakan Ayam kampung atau Ayam organik. Namun jika tidak, gunakan tulang paha atas dibandingkan tulang bagian lain. Hindari merebus leher ayam dan sayap Ayam, tempat di mana ayam biasanya di suntik.

cara buat kaldu ayam

Artikel pernah dimuat di The Asian Parent Indonesia versi online:

Lihat Resep Lainnya :
Menggoreng Ayam Agar Crispy,
Resep Sup Ayam Dengan Kaldu Alami Untuk Anak Balita
Ayam Bakar Madu Wijen

Lihat Resep Terbaru di sini
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Sup"  atau "Tips Memasak" atau "Aneka Lauk" 
di bawah ini untuk resep lainnya

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.