Textual description of firstImageUrl

Resep Bakwan Jamur Goreng Renyah Crispy

bakwan jamur
bakwan jamur goreng crispy
Bakwan Jamur Goreng renyah dan crispy sangat enak rasanya dan cocok untuk cemilan sore atau snack, bahkan lauk pauk seperti jamur goreng ala Tempura. Bakwan Jamur ini termasuk gorengan favorite keluarga.  Jamur yang dibuat untuk bakwan ini adalah Jamur Cremini.




Jamur Cremini banyak terdapat di Supermarket.  Bentuknya putih seperti payung dan kaku/tidak lembek.  Jika belum terkena air atau belum di cuci, dapat bertahan cukup lama jika di simpan di dalam kulkas.

Bakwan Jamur goreng ini bentuknya seperti Bakwan sayur jadi tidak seperti Tempura yang ada di restoran Jepang.  Bentuk jamurnya menyatu dengan adonan dan lembut seperti bakwan gorengan pinggir jalan ala gorengan Abang-abang. Rasanya enak dan bikin ketagihan.  Namun, pada proses menggoreng, usahakan dengan api sedang sehingga gorengan kering hingga ke dalam dan tidak bermandikan minyak.  Membuat Bakwan Jamur Goreng yang renyah gampang-gampang susah, berikut tips cara membuat Bakwan Jamur Goreng Renyah:

Resep Bakwan Jamur Goreng:

 1 pak Jamur Cremini yang biasa dijual di Supermarket
 1 butir telur
 Tepung terigu sesuai adonan (gunakan terigu dengan gluten tinggi seperti merk Segitiga Biru)
 Garam dan lada 
 Minyak untuk menggoreng
Jamur cremini di potong
Jamur Cremini

Tips Menggoreng Jamur:

  • Pilih Jamur Cremini yang masih segar, teksturnya kencang, warnanya putih bersih, tidak berair apalagi kecoklatan. (Terutama bagian luarnya).
  • Kuliti bagian luarnya (kulit luar), dan buang bagian yang kecoklatan hingga bersih.  Beberapa orang tidak membuang bagian coklatnya, namun saya buang agar gorengan  bakwan bersih dan tidak kecoklatan gelap.
  • Potong kecil-kecil namun jangan hancur.
  • Cuci bersih dan PERAS hingga airnya keluar dan jamur sedikit menciut.  Jika tidak di peras, maka jamur tidak menyatu dengan gorengan.  Dan pada saat di goreng, akan terpisah-pisah tidak berbentuk bakwan. 
  • Tambahkan telur, garam, lada, dan terigu sedikit demi sedikit. aduk hingga rata dan diamkan kira-kira 5 menit. Adonan harus berbentuk pasta, takaran tepung dan jamur harus seimbang. Jamur harus tertutup dengan adonan (tepung terigu yang diaduk rata). Setelah diaduk rata, diamkan selama 5 menit.  Adonan akan mirip seperti jika membuat pisang goreng.
  • Setelah 5 menit, adonan akan sedikit menyatu dan mengembang, ambil adonan dengan sendok.  Jika adonan terlalu encer, tambahkan terigu, jika sebaliknya, tambahkan telur. Anda dapat menambahkan air sedikit.  Terlalu banyak air, gorengan akan kering diluar namun gorengan terasa kurang lembut. 
  • Panaskan minyak dan goreng dengan api sedang sehingga Bakwan Jamur akan kering hingga ke bagian dalam.
    jamur sudah bersih
    Jamur sudah bersih
    Tips : Jamur akan mengeluarkan air, jadi jangan tambahkan air banyak ke dalam adonan melainkan secukupnya saja hingga adonan dapat di sendok bulat seperti Bakwan. Jangan sampai terlalu cair hingga seperti air.  Pada saat menggoreng, normal jika minyak meletik-letik sedikit karena jamur mengandung air. Namun tidak sebesar letupan pada saat menggoreng ayam. Selamat menikmati !!
Lihat Resep Berikutnya : Bakso Goreng KopongTips Menggoreng Perkedel Agar Tidak Hancur

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya 
Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.