Textual description of firstImageUrl

Resep Cakwe Mekar 2


resep cakwe mekar
cakwe mengembang
Resep Cakwe mekar dan mengembang ini adalah tambahan dari resep sebelumnya. Resep ini bisa dipakai untuk jualan atau untuk makan sendiri. Jika resep sebelumnya Resep Cakwe Anti Gagal yang saya buat sedikit agak ribet untuk ukuran gram dan takaran airnya, resep Cakwe Mekar 2 ini saya sederhanakan.

Resep ini saya sudah coba berkali-kali. Pernah dicoba dengan menggunakan telur, juga buttermilk.  Namun hasil akhirnya kurang mantap.  Berikut ini takaran yang pas dan tidak menggunakan Amoniak.  Selamat Mencoba, semoga berhasil.

Resep Cakwe Mekar mengembang:

  • 1/4 sdt Yeast (ragi instant) 
  • 150-160 ml air hangat (jangan panas).  Jika 150 ml adonan sudah agak encer, jangan tambahkan air lagi. Namun jika masih kering tambahkan 10 ml (total 160 ml) namun jangan melebihi 160 ml.  Jika setelah 160 ml adonan masih kering, jangan tambahkan tepung atau air, melainkan masukkan minyak bersih (sesuai takaran di bawah).
  • 250 gram tepung terigu serba guna (jangan pakai yang khusus pie)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt Baking Soda
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 1 sdm (sendok makan) minyak bersih
Langkah 1 : larutkan ragi instant dengan air hangat.  Agar ragi mengembang sempurna, taruh 1/4 sdt gula pasir (karena ragi berkembang dengan gula/manis).  Ambil gulanya dari resep sehingga sisanya (3/4 sdt) baru dituang ke dalam adonan. - Diamkan proses pengembangan ragi selama 10 menit.

Langkah 2 :  Selagi menunggu ragi mengembang, campurkan sisa bahan adonan (kecuali minyak) ke dalam satu bowl besar dan gunakan whisk agar semua bahan rata tercampur (bahan-bahan ini masih dalam keadaan kering), aduk hingga merata dengan whisk memakai tangan (bukan mesin).
adonan cakwe diratakan
adonan dengan whisk
Langkah 3 : Tambahkan air yang bercampur ragi ke dalam adonan kering (adonan langkah 2), uleni hingga rata.  Untuk proses pengulenan ini, ikutin cara uleni adonan Cakwe seperti postingan saya sebelumnya Resep Cakwe Anti Gagal.  Jika Adonan sudah diuleni dengan rata, tambahkan minyak (terakhir), lalu uleni sebentar hingga permukaan adonan licin dan tidak menempel pada bowl atau wadah.  Masukkan ke dalam plastik dan taruh di dalam kulkas (bukan Freezer) hingga 1 malam.  Langkah selanjutnya, ikuti pada resep sebelumnya untuk menggoreng Cakwe. 

Adonan Cakwe

  1. Ragi yang digunakan sudah tidak bagus (lebih dari 6 bulan dan tidak segar), Gunakan ragi yang masih baru di beli atau baru di buka (tidak dalam waktu yang lama).
  2. Air yang digunakan terlalu panas sehingga ragi mati.
  3. Baking Powder dan Baking Soda yang digunakan sudah terlalu lama.
  4. Tidak menggunakan takaran yang seharusnya.  Gunakan takaran sendok untuk kue.
  5. Cakwe harus diuleni dengan tangan. Dimasukkan ke Bread machine atau Mixer, hasilnya kurang bagus. Percaya deh! 
sendok takaran kue
Sendok Takaran
  • Adonan Cakwe harus lentur, jangan padat atau terlalu encer.  Jika adonan terlalu encer tambahkan maksimal 2 sendok makan terigu (dari resep asli). Dan jika masih lengket, tambahkan minyak bersih (sesuai resep). Jangan tambahkan terigu secara terus menerus. Adonan ini bukan adonan roti yang harus di uleni hingga kalis. Tapi memang agak lengket dan lentur.  Tambahkan saja minyak bersih.
  • Adonan masih dingin di dalam kulkas namun sudah di goreng (tidak akan mekar sempurna).
  • Minyak kurang panas atau terlalu panas.  Yang benar, setelah panas kompor dikecilkan sedikit sehingga Cakwe tidak gosong di luar namun masih mentah di dalam.
  • Jangan menggilas adonan Cakwe terlalu tipis. Usahakan sedikit tebal 1 cm sedangkan lebarnya 1.5 cm hingga 2 cm. 
  • Menggoreng Cakwe harus di tekan pada bagian tengahnya. Lihat Video menggoreng Cakwe.
resep cakwe mengembang
Cakwe Mengembang
Cakwe resep ini teksturnya lembut dan kenyal. Dapat divariasi dengan tidak menggunakan ragi atau Yeast namun menambah takaran Baking Soda menjadi 1 sendok teh (sebelumnya 1/2 sdt), sehingga Cakwe lebih renyah dan kopong. Selamat mencoba!

Artikel Selanjutnya : Agar Bakwan Sayur Renyah Ala Abang Gorengan

Copyright of Winda Tanu

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.