Textual description of firstImageUrl

Cara Memasak Sayur Asparagus


cara memasak asparagus
Asparagus
Cara memasak Asparagus sangat mudah, cepat, hemat tenaga dan sudah pasti enak rasanya.  Dulu, saya tidak pernah melihat Asparagus segar di Jakarta.  Namun, di Kanada, Asparagus banyak sekali dijumpai di toko-toko. Asparagus biasanya dijual dalam bentuk bundel. Satu bundel sekitar 1.5 pound beratnya, tergantung besar kecilnya. Bagian bawah batang Asparagus biasanya di rendam air untuk menjaga kesegaran.

Cara memilih Asparagus:

  • Cari yang batangnya masih hijau segar tidak kehitaman, dan bagian pucuknya bersih tidak berbau, tidak berlendir, dan tidak hitam tua atau layu.
  • Pilih yang muda, yaitu batang tidak terlalu besar dan keras atau tua serta bagian putih di bawah batang tidak terlalu banyak. Karena bagian putih tersebut akan kita buang/tidak bisa di makan.
  • asparagus segar
    Asparagus Segar
  • Bagian batangnya, tidak layu apalagi lembek dan berair.

  Cara Memasak Asparagus:

  • Buang bagian putih batang bagian bawah hingga bagian tersebut hilang. Buang hingga batas  batang yang terlihat hijau tidak keras.
  • Buang tunas-tunas kecil sekitar batang.  Cuci bersih, terutama bagian pucuknya yang biasanya sering banyak kotoran dan sedikit berpasir. 
  • Potong Asparagus sesuai selera.  Biasanya panjang sekitar 3 cm.  Namun ada orang yang senang memakannya utuh atau tidak di potong pendek, kecuali dibuang bagian putihnya.
  • Panaskan wajan dan beri 1 sendok makan Olive oil atau minyak canola atau minyak goreng bersih.  Masukkan Asparagus dan aduk rata hingga batangnya berubah warna menjadi hijau mengkilat dan segar (sekitar 5 menit).  Taburi sedikit garam.  
  • Jangan memasak Asparagus terlalu lama, karena berkurang garingnya.  Namun jangan masih mentah karena akan keras dan susah dikunyah.  Perhatikan warnanya.  Bila sudah berubah menjadi hijau tua, artinya Asparagus sudah matang.
Asparagus, adalah sayuran sehat yang mengandung banyak serat, selain juga Potassium, Magnesium, Vitamin A, B, C, D, hingga Kalsium dan Zat Besi. Hebat bukan? 

Resep berikutnya : Ayam Bakar Madu Wijen

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tips Memasak" atau "Aneka Lauk" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.