Textual description of firstImageUrl

Tips Membuat Salmon Panggang Lezat

salmon panggang
Salmon Panggang
Membuat Salmon Panggang tidak susah. Bahkan, menu Salmon panggang sangat sederhana, tidak membuang waktu dan tentu saja lezat. Ikan Salmon kaya akan Omega 3.  Secara alami, Ikan Salmon banyak terdapat di perairan Atlantik dan Pasifik.  Namun, belakangan dapat dibudi dayakan alias di ternak.




Tips Membuat Salmon Panggang : 

  • Belilah Ikan Salmon yang masih segar.  Dagingnya kemerahan, jika di tekan masih keras atau padat dan tidak berbau amis. Usahakan membeli yang belum di bumbui sehingga kesegaran daging terlihat/tidak tertutup bumbu.
  • Segeralah pulang dan masak.  Jangan biarkan Salmon mentah berlama-lama di udara tanpa pendingin atau kulkas karena bakteri Salmonella cepat berkembang biak pada Salmon mentah tanpa pendingin/kulkas. Apalagi berada di dalam mobil yang panas.
  • Cuci dengan air bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis serta garam sesuai selera. Tusuk-tusuk dengan garpu agar perasan air jeruk nipis menyerap ke dalam daging ikan. Diamkan di dalam kulkas 30 - 60 menit dan tutup dengan plastik agar terjaga kebersihannya. 
  • Ikan Salmon dapat dibumbui dengan bumbu kering/rempah yang sudah jadi atau jika ingin di kukus, dapat ditambahkan jahe dan kecap asin.
  • Panggang dengan suhu 175 drajat Celcius selama 30-40 menit tergantung besar atau kecil dan tebal/tipisnya daging.  Semakin tebal dan besar, tentu saja waktu pemanggangan semakin lama. Untuk waktu pemanggangan yang dimaksud diatas adalah setebal 1.5 cm dengan panjang lebar 5 cm x 15 cm.
  • Sajikan dengan Saus Teriyaki atau Saus Gravy kesukaan Anda.  Dapat juga dengan perasan air jeruk Lemon saja.  
  • Yakinkan bahwa Salmon terpanggang dengan benar dan sempurna matang.  Karena ikan mentah atau tidak matang sempurna sangat berbahaya dan mengandung bakteri Salmonella yang dapat membuat keracunan makanan. Gejala keracunan makanan biasanya muntah disertai diare hebat tidak lama setelah Anda menyantap makanan yang terkontaminasi. 
  • Jika Anda tidak yakin, Anda dapat memanaskan kembali setelah proses pemanggangan.  Caranya, taruh di atas wajan panas dan beri sedikit saus.  Balik-baliklah hingga kering sehingga terlihat seperti Salmon Barbeque.
Salmon panggang dapat dimakan dengan nasi hangat, ataupun mashed potatoes, dengan wortel ataupun buncis rebus. Yummy!

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tips Memasak" di bawah atau "Aneka Lauk" untuk resep lainnya
bumbu salmon panggang
Bumbu Kering Salmon 

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.