Textual description of firstImageUrl

Resep Nasi Tim Ayam Sederhana


nasi tim ayam sederhana
Nasi Tim Ayam Sederhana
Ketika anak sakit dan susah makan, Nasi Tim Ayam merupakan salah satu solusi selain Bubur Ayam. Resep Nasi Tim Ayam ini saya buat minimalis.  Biasanya Nasi Tim Ayam memakai Jamur Hioko.
Berhubung udara sedang tidak bersahabat dan malas keluar rumah, maka resep Nasi Tim Ayam sederhana ini tidak memakai jamur.  Tapi rasanya enak dan makanan sehat bagi yang sedang sakit ataupun makanan sehat untuk diet.

Resep Nasi Tim Ayam:

  •  2 daging Ayam paha dengan tulang. Dagingnya di pisahkan dari tulangnya dan di potong kecil/dadu, sedangkan tulangnya di godok untuk kuah menjadi kaldu ayam.
  • 2 siung Bawang Putih
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak Wijen
  • 1 sdm saus Tiram (jika suka)
  • garam, lada secukupnya
  • 1-2 cup air atau dapat gunakan kuah godokan dari kaldu ayam yang telah di buat.
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 1.5 cup beras yang direndam selama 1/2 jam sebelum dimasak

Cara Membuat Nasi Tim Ayam:

Pertama-tama, buatlah dulu daging Ayam kecap yang akan di taruh di atas Nasi Tim Ayam. Tumis Bawang Putih dengan minyak hingga tercium bau aroma Bawang Putih (yang menandakan Bawang Putih sudah matang), masukkan daging Ayam hasil potongan kecil-kecil daging paha Ayam. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam, dan lada.  Aduk hingga rata. Tambahkan saus Tiram untuk menyedapkan rasa. Tambahkan air, kecilkan api serta tutuplah wajan.  Masak hingga daging Ayam matang sempurna dan air sedikit menyusut.  Air dapat diambil dari kaldu Ayam yang telah di buat. Jika telah matang, baru tuang 1 sdm minyak Wijen ke dalam Ayam Kecap tersebut dan aduk rata.  Minyak Wijen sebaiknya di taruh di bagian akhir setelah masakan matang.  Agar wanginya lebih terasa.
resep nasi tim ayam
Nasi Tim Ayam Sederhana
Di tempat terpisah, masak beras untuk Nasi Tim (proses aron beras menjadi nasi).  Beras yang telah direndam di taruh di panci atau wajan dan tambahkan air. Kita dapat menggunakan wajan bekas membuat Ayam Kecap sehingga sisa-sisa bumbu akan menyerap ke dalam beras. Air juga dapat diganti dengan kaldu Ayam yang telah di buat. agar terasa lebih nikmat. Air atau Kaldu Ayam tingginya sebaiknya 2x ruas jari dari permukaan beras alias takarannya 2x lipat daripada membuat nasi biasa. Selama mengaroni beras, tambahkan garam dan 1 sdm kecap asin ke dalam beras yang sedang di aron. Penambahan kecap Asin dan memakai wajan bekas membuat Ayam Kecap, akan membuat warna beras tidak terlalu putih melainkan sedikit kecoklatan.

Masak beras hingga airnya habis dan beras membengkak.  Siapkan 2 mangkuk untuk membuat Nasi Tim Ayam.  Taruh Ayam kecap yang telah di buat di bagian bawah. Kita dapat pula memasukkan kuah Ayam Kecap 1 sdm ke dalam mangkuk agar Nasi Tim Ayam kecoklatan pada bagian atasnya.  Tuang beras yang telah di aron ke dalam mangkuk Nasi Tim dan Kukus Nasi Tim Ayam selama 25 menit.  Catatan: kukusan sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sehingga pada saat nasi siap di Tim, air di dalam panci kukus sudah mendidih.  Selamat Makan.

Lihat Resep Berikutnya : Bubur Ayam Sederhana

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Menu Utama" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.