Textual description of firstImageUrl

Membuat Ngohiong Ayam


membuat ngohiong ayam
ngohiong ayam
Ngohiong Ayam adalah salah satu lauk pauk hari ini. Kami menghindari Babi yang membuat kolesterol melonjak, maka Resep Ngohiong halal kali ini saya buat dengan daging Ayam (giling). Ngohiong merupakan makanan khas Chinese (food). Ngohiong terasa unik karena bumbu Ngohiong yang khusus yaitu 5 spices (Five Spices) yang sering disebut sebagai Bumbu Ngohiong atau Bubuk Ngohiong. 


Bumbu Ngohiong dapat dengan mudah kita temukan di Supermarket atau Pasar Tradisional.  Bumbu Ngohiong merupakan gabungan dari Star Anise atau Pekak yang warnanya merah, Lada, Kayu Manis, Jinten, Cengkeh, Ketumbar dan Kapulaga. Sedangkan nama 5 Spice (Five Spice), menurut asal-usulnya, menyiratkan 5 energi kehidupan dalam filosofi China yaitu Api, Air, Logam, Tanah dan Udara. Barangkali juga menyiratkan rasanya yang asam, manis, asin, seperti nano-nano.  Barangkali ya! Maaf kalau salah.  Berikut resep atau cara membuat Ngohiong Ayam :

Resep Ngohiong Ayam:

  • 300-400 gr daging Ayam giling
  • garam, lada dan 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm gula pasir (beberapa orang menyukai rasa yang agak manis)
  • 1 - 1.5 sdt Bubuk Ngohiong (saya beli di Supermarket)
  • 1 butir telur Ayam
  • 2 sdm Sagu/Maizena
  • Wortel yang di potong kecil seperti dadu
  • 2 siung Bawang Merah, dihaluskan
  • 3-4 lembar kulit tahu lembaran, yaitu kulit tahu yang sering di buat sayur Kembang Tahu. Kulit Tahu tersebut direndam dalam air hangat dengan wadah yang lebar agar tidak patah atau putus.
resep ngohiong
Ngohiong di gulung dengan kulit tahu
Semua bahan kecuali kulit Tahu, di campur jadi satu.  Beberapa orang senang wangi Ngohiong yang agak "keras" sehingga dapat ditambahkan jika suka.  Kebanyakan Bumbu Ngohiong tidak berdampak terhadap rasa, kecuali wanginya yang semakin tajam.  Bungkus Ngohiong seperti menggulung Sushi. Padatkan, namun hati-hati agar kulit Tahu tidak robek. 
bumbu ngohiong
 di Kukus
Kukus Ngohiong, dan setelah matang, dapat di goreng agar kulitnya renyah.  Potong, dan sajikan. Selamat makan.

resep ngohiong
Ngohiong di goreng

Tips Membungkus Ngohiong:

Ketika membungkus, kulit tahu dapat dilapis dengan telur kocok (telur kocok di lapis ke permukaan kulit tahu dengan menggunakan sendok makan atau kuas). Hal ini untuk mencegah kulit Ngohiong terpisah atau ada rongga antara kulit tahu dan daging Ayam ketika di goreng. Sehingga kulit terlihat seperti terpisah.  Telur akan merekatkan kulit tahu dengan daging Ayam.

 Lihat Resep Berikutnya : Kekian Ayam Kukus

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.