Textual description of firstImageUrl

Tumis Kacang Panjang Dengan Tempe

tumis kacang panjang
Tumis Kacang Panjang dengan tempe adalah menu sederhana tapi menyehatkan.  Walau sederhana, Tumis Kacang Panjang ini rasanya sangat enak, dan tentu saja bergizi karena mengandung banyak protein nabati. 
Tumis Kacang Panjang kali ini, saya variasikan dengan Tempe.Tumis Kacang panjang dengan Tempe ini juga merupakan variasi lain untuk mengolah Tempe selain Tempe goreng. Menu tumis ini juga merupakan andalan untuk menu makanan Warteg.

Kacang Panjang yang termasuk dalam grup kacang-kacangan, sudah tentu sangat baik bagi kesehatan. Menurut Wikipedia, Kacang Panjang mengandung banyak manfaat seperti antioksidan dan mencegah berbagai macam penyakit.  Di samping juga mengandung sederet Vitamin seperti Vitamin A, C hingga Folat. 

Tumis Kacang Panjang Dengan Tempe:

  • Kacang Panjang sesuai selera, biasanya banyaknya seikat, yang terdiri dari 10-15 helai Kacang Panjang. Potes Kacang Panjang dengan ukuran 2-3 cm. Menurut orang tua jaman dahulu, Kacang Panjang tidak enak bila di potong dengan pisau, melainkan di potes/di ceklik dengan menggunakan jari. :)
  • 1/2 buah Tomat berukuran besar
  • Cabai merah (jika suka, dan pedasnya sesuai selera) - dapat di ganti dengan 1/2 buah Paprika Merah
  • 2 siung bawang Merah yang di rajang
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis 
  • 1 cup air
  • Garam dan Lada sesuai selera
  • 1 blok Tempe yang sudah di goreng (jangan terlalu kering/garing) - Tempe sudah di bumbui dengan Garam dan Bawang Putih

Tumis Bumbu dan kacang panjang

Tumis Bawang Merah, Cabai dan Tomat hingga matang dan tercium bau harum.  Masukkan Kacang Panjang dan tumis hingga merata. Tambahkan 1 cup air dan kecilkan api. Tutup sebentar hingga Kacang Panjang masak/matang.  Menutup sayur membuat panas/uap masakan memberikan efek "steam" terhadap sayuran, sehingga menjadi empuk.  Namun jangan terlalu lama/terlalu empuk. Sehingga, tutup wajan sebaiknya di buka-tutup sekali-sekali.  Jika matangnya sudah pas sesuai selera, matikan kompor dan masukkan Tempe.  Aduk hingga rata. Sajikan Tumis Kacang Panjang Tempe dengan nasi yang hangat. Yummy!

orak arik kacang panjang dengan tempe
Tumis Kacang Panjang Tempe
Lihat Resep Berikutnya : Resep Fuyunghai Sederhana

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.