Textual description of firstImageUrl

Resep Bolu Putih Telur Panggang Memanfaatkan Sisa Putih Telur


bolu putih telur panggang
Bolu Putih Telur Panggang
Bolu Putih telur panggang ini memanfaatkan sisa putih telur atau cara lain mengolah putih telur sisa dari membuat kue atau makanan.  Beberapa resep kue atau roti, biasanya memakai telur hanya kuningnya saja.  Apalagi kue Lapis Legit atau Bolu Gulung yang hanya memakai kuning telur.

Akibatnya, banyak putih telur sisa. Putih telur ini, jangan di buang.  Karena kita dapat membuat berbagai macam variasi putih telur. Dari mulai Bolu Putih Telur hingga Telur Asin bikinan sendiri rumahan yang dijamin enak dan aman. Yuk kita coba.

Memanfaatkan Sisa Putih Telur:

memanfaatkan putih telur
Sisa Putih Telur
  • 350 gram Putih Telur sisa membuat kue.  Yakinkan Putih telur dalam keadaan bagus, tidak ada darah telur/darah beku.  Sisa Putih Telur segera masukkan ke dalam tempat/wadah bersih, tutup dan simpanlah di dalam kulkas agar terjamin kualitasnya.
  • 100 gram gula pasir
  • 175 gram Tepung Terigu 
  • 80 gram Butter (Butter adalah mentega putih, beda dengan Margarine biasa.  Saya pakai GayLea Butter yang Salted. Di lelehkan dalam microwave selama 30 detik).
  • Essence/pewarna kue Pandan, atau 1/2 sdm Coklat Bubuk jika ingin berwarna Coklat
  • 1/4 sdt Cream of Tartar (agar Putih Telur kaku dan mengembang) - dapat di beli di toko kue, bentuknya bubuk putih seperti Baking Soda.
  • 1/2 sdt Vanilla bubuk (agar Bolu tidak terlalu berbau telur)

Cara Membuat Bolu Putih Telur Panggang:

Panaskan Oven 160C .
Kocok Putih telur dan gula pasir hingga mengembang sebentar, lalu masukkan Cream of Tartar.  Kocok hingga kaku. Benar-benar kaku ya. Pastikan putih telur yang dikocok sudah kaku, caranya, angkat sedikit adonan dengan menggunakan mata Mixer (angkat kepala mixer yang dipakai yang ada adonannya).  Jika adonan putih telur tidak jatuh, maka adonan sudah kaku. Tuang perlahan tepung Terigu berselang seling dengan Butter yang sudah di lelehkan. Aduk perlahan searah jarum jam, dengan menggunakan spatula, hingga rata (jangan gunakan mixer, tapi gunakan Spatula).  Jika mengaduknya rata dan benar (aduk perlahan), kemungkinan bolu menjadi bantat sangat kecil. Terakhir, masukkan Vanilla bubuk.

Ambil sedikit Adonan kira-kira 4 sendok makan dan campur dengan pewarna makanan atau Coklat Bubuk.  Gunakan campuran adonan yang berwarna tersebut untuk membentuk tekstur Marmer.  Caranya, Adonan yang berwarna di tuang lalu gunakan garpu atau tusuk sate dan ulir-ulirkan adonan berwarna tersebut pada adonan yang polos hingga berbentuk tekstur.  Bolu yang saya bikin, pewarna makanan yang digunakan tidak terlalu banyak, sehingga tidak bercorak Marmer, alias tidak terlalu terlihat coraknya.
adonan bolu putih telur panggang
Adonan setelah diaduk dengan spatula
Tuang Adonan ke dalam loyang yang telah di lapis sedikit mentega.  Jika Anda malas melakukannya, Anda dapat menggunakan kertas roti (lapisi loyang dengan kertas roti).  Pada bagian atas, tuang sedikit adonan yang telah di beri pewarna sambil di bentuk dengan tusuk gigi agar tercipta motif Marmer ataupun ukiran (ukir lagi pada bagian atas kue).  Panggang hingga 30 menit.  Jika tidak bantat, maka dalam waktu 30 menit bolu sudah matang dan mengembang.  Matikan Oven dan diamkan di dalam oven selama 10 menit agar bagian luarnya rata berwarna coklat cantik.  Namun, Jika Anda menghendaki warnanya tidak terlalu coklat, pintu Oven dapat di buka sedikit agar tidak terlalu panas.  Selamat mencoba :)

Artikel Terkait - Memanfaatkan Putih Telur : Telur Asin Dari Putih Telur Kukus

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Dessert" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.