Textual description of firstImageUrl

Pao De Queijo : Cemilan Sore Hari Dengan Aroma Keju


usaha kafe
Pao De Queijo ini rasanya enak.  Snack keju ini aslinya dari Brazil. Teksturnya ringan, kopong dan bikin ketagihan!  Cocok untuk cemilan sore hari teman minum teh atau ketika perut terasa lapar ingin ngemil. Snack Keju ini juga cocok untuk usaha kafe loh. Saya juga pernah muat dalam edisi Bahasa Inggris di blog ini Pao De Queijo.Bagi kamu yang mau merintis usaha kafe, Saya tidak keberatan jika ada yang mau coba resep Snack Keju Pao De Queijo .  Good Luck! 


Resep Cemilan Keju Pao De Queijo:

1 cup susu putih
1/4 cup minyak bersih (minyak Canola) atau minyak goreng biasa yang bersih belum di pakai. 1/2 sdt garam
2 cup tepung Sagu Tani/Tapioka
2 butir telur Ayam (suhu ruang) jika baru dikeluarkan dari Kulkas, diamkan setidaknya 4 jam. Jika tidak, maka Pao de Queijo tidak akan mengembang melainkan bantet.
 1 s/d 1.5 cup Keju Parmesan.
Cetakan Loyang Mini Muffin (cetakan Muffin yang kecil, besarnya 1/2 daripada cetakan Muffin biasa). - Resep ini akan menjadi 24 buah Pao dengan cetakan mini Muffin.

Cara Membuat Pao De Queijo:

Cara membuat Pao ini mirip seperti membuat kue Soes, namun menggunakan keju.
Didihkan minyak, susu dan garam hingga bergelembung sedikit. Jangan sampai mendidih parah. Jadi mendidih ringan saja. Jika terlalu mendidih, maka Susu akan pecah.  Setelah bergelembung mendidih, matikan kompor. Jika terlalu mendidih, maka angkat panci atau pan dari kompor dan diamkan selama 5 menit hingga sedikit mereda.

Setelah tidak terlalu panas, tuang tepung Tapioka atau tepung sagu ke dalam susu tersebut dan aduk perlahan dengan posisi tidak lagi di atas kompor (adonan susu tadi sudah di matikan kompornya). Adonannya harus seperti pasta. Jangan terlalu encer, tapi jangan juga terlalu menggumpal.  Namun, jika terlalu menggumpal, jangan khawatir. Artinya adonan susu sebelumnya terlalu panas. Jika kurang rata karena menggumpal, adonan dapat di mixer dengan kecepatan rendah.  Teruslah mengaduk hingga rata dan diamkan hingga agak dingin.  Jika menggumpal parah, jangan dibuang. Tetapkan aduk hingga rata/mixer.  Diamkan hingga 10 menit.

Selagi menunggu dingin, panaskan oven hingga 425F dan oleskan minyak sedikit ke dalam cetakan Muffin yang kecil/mini Muffin (bukan Muffin besar).  Minyak di oleskan ke dalam cetakan agar adonan tidak lengket.  Namun jika cetakan sudah licin (cetakan marble), Anda tidak perlu menuangkan minyak lagi.
Setelah adonan agak dingin, masukkan 2 telur ke dalamnya, juga keju parut atau Parmesan. Aduk hingga rata, Benar-benar rata.  Jika adonan sangat menggumpal dan tidak bisa rata sempurna, gunakan Mixer. Namun jika adonan dapat rata, sendok saja sudah cukup.
Tuang/sendok adonan ke dalam cetakan mini muffin dan masukkan ke dalam Oven jika Oven sudah mencapai suhu 425F.

Segera setelah adonan dimasukkan ke dalam oven, turunkan panas Oven hingga 350F dan pasang timer hingga 30 menit. Selama proses pemanggangan, jangan membuka Oven. karena Pao De Queijo akan turun/kempes. Setelah 30 menit, matikan oven dan diamkan selama 5 menit di dalam oven, dan tetap jangan di buka.  Setelah 5 menit dan terasa sudah padat sempurna, baru oven di buka. 
Keluarkan dari loyang dan selamat menikmati Pao De Queijo! 

Tips :
Pao De Queijo ini paling enak di makan selagi panas atau baru matang.  Jika sudah satu hari, akan terasa sedikit keras. Dapat di taruh di microwave selama 10 detik.  Teksturnya yang lembut dan kopong serta aroma keju, akan membuat Snack Keju ini ketagihan!

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Snacks" dibawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.