Textual description of firstImageUrl

Tips Memasak Ketan Hitam Agar Pulen

cara memasak ketan hitam
ketan hitam pulen
Cara memasak bubur ketan hitam agar pulen sangat mudah, asalkan dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan merebus seperti kita mengaroni beras. Memasak ketan hitam tidak dapat memakai presto atau pressure cooker. Tidak dapat pula jika kita memakai perkakas canggih memasak lainnya seperti Instant Pot atau Rice Cooker listrik.

Tips memasak ketan hitam

 

Kata orang jika Bubur ketan hitam diberi gula di awal proses penggodokan maka akan lama matangnya
Kadangkala kita tidak sabar jika masak ketan hitam atau bubur ketan lainnya seperti bubur kacang hijau. Demi menghemat waktu, saya sudah pernah mencoba berbagai cara. Namun pastinya gagal. Hasilnya, ketan hitam matang dan lembek namun tidak mengeluarkan sagu dan tampak seperti butiran beras biasa. Ternyata memasaknya harus lama dan dengan cara tradisional (merebus memakai panci biasa) agar sagu pada bubur ketan hitam keluar sehingga menyerupai kanji yang menjadi ciri khas dan membuat rasanya pulen. 

Cara masak Ketan Hitam

ketan hitam mengeluarkan kanji
Ketan Hitam mengeluarkan kanji
  1. Jangan lupa mencuci bersih ketan sebelum dimasak. Walau tampak terlihat bersih, namun belum tentu bersih. Pastikan air cucian tidak tampak debu atau kotoran dan buangkan butiran beras ketan yang rusak atau jelek.
  2. Rendamlah ketan selama 1 jam sebelum dimasak.
  3. Rebus dengan takaran air seperti mengaroni beras, yaitu ketinggian air 1 hingga 1.5 cm di atas ketan. Jika hasilnya terlihat terlalu kering, kita dapat menambahkan air pada saat memasak.
  4. Rebuslah dengan api sedang, dan jika sudah mendidih, kecilkan api dan rebus dengan api kecil seperti slow cook. Jangan beri gula pasir atau gula merah pada saat merebus beras ketan hitam ini. Kata orang, jika diberi gula di awal, maka akan lama matangnya. Saya sih belum pernah mencoba, namun saya tidak mau membuang waktu menunggui ketan hitam yang tidak matang-matang :)
  5. Pada saat merebus, dapat masukkan selembar daun Pandan yang sudah dicuci bersih dan diikat menyerupai simpul.  Masukkan dan rebus bersama agar harum pandan.
  6. Di tempat terpisah, rebus santan yang diberi sedikit garam agar rasanya gurih.
  7. Jika sudah matang, baru tambahkan gula pasir ke dalam bubur ketan hitam sesuai selera. 
Ketan Hitam yang bagus teksturnya seperti bubur, dan mengeluarkan sagu atau kanji. Rasanya juga lebih pulen dan enak. Selamat mencoba :)


Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Dessert" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.