Textual description of firstImageUrl

Resep Singkong Thailand Dengan Bubur Mutiara

singkong thailand
Singkong Thailand

Singkong Thailand merupakan hidangan pencuci mulut dari Singkong. Singkong Thailand ini diberi bubur mutiara sehingga terasa sangat enak. Singkong tidak hanya direbus atau dikukus, tapi dapat juga dibuat kolak dengan santan dan gula merah. Singkong selain kaya serat juga merupakan cemilan yang sehat bagi penderita Diabetes. Tentu saja bagi penderita Diabetes, Singkong hanya direbus atau dikukus tanpa memakai gula. 
Untuk kolak, biasanya kita kenal dengan istilah Singkong Thailand. Singkong ala Thailand tidak terlalu manis dan dapat divariasikan dengan bubur mutiara. Cocok untuk cemilan sore hari ataupun menu berbuka puasa.

Resep Singkong Thailand

singkong thailand
Singkong dipotong kotak dan dibuang sumbunya
  • 1 sampai 2 batang Singkong, kupas dan cuci bersih, potong-potong dadu, jangan terlalu kecil karena hancur, dan jangan lupa buang bagian tengah sumbunya.
  • 2-3 sdm gula pasir
  • 1-2 gelas Santan kental yang dimasak hingga mendidih dan kental, jika tidak begitu kental, dapat tambahkan 1 sdm tepung Maizena yang sudah dilarutkan dengan 1/4 gelas air dan masukkan ke dalam Santan, aduk rata. Ketika memasak Santan, jangan lupa masukkan 1 ikat daun Pandan agar harum, dan jangan lupa tambahkan 1/2 sdt garam agar terasa gurih. 
  • Jika sudah matang, pisahkan Santan dan simpan dalam wadah bersih. Santan jangan dimasukkan ke dalam kolak melainkan disimpan dalam wadah terpisah.
  • Di tempat terpisah, buatlah Bubur Mutiara dan ketika sudah jadi, tiriskan airnya dan pisahkan pada wadah lain. Untuk cara membuat Bubur Mutiara, dapat dilihat Resep Bubur Mutiara di sini

Cara membuat Singkong Thailand:

Rebus Singkong yang sudah dipotong dadu dengan air secukupnya (asal seluruh Singkong terendam air). Merebus jangan terlalu lama, namun jangan juga masih mentah. Kira-kira 15-20 menit tergantung dari jenis Singkong dan besar kecilnya api. Setelah empuk, tambahkan gula pasir dan cicipi sesuai selera (jika kurang manis).  Setelah empuk, jika air terlalu banyak, kurangi airnya hingga sedikit surut. Masukkan Bubur Mutiara yang sudah selesai atau sudah jadi ke dalam Singkong Thailand. Campur dengan Santan (sesuai selera) ke dalam mangkuk sesaat sebelum di makan. 

Catatan: biasanya saya memasukkan gula pasir dan garam ke dalam Santan. Jadi, kolak tidak manis. Yang manis adalah santannya. Selamat menikmati.

Lihat resep lainnya : Resep Roti Rumahan SederhanaPao De Queijo Cemilan Aroma Keju

Copyright of Winda Tanu
Klik Label  " Dessert" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.