Textual description of firstImageUrl

Cara Membuat Bakso Agar Halus Dan Kenyal

cara membuat bakso
Bakso kenyal
Membuat bakso agar halus dan kenyal tidak susah. Kita dapat membuat sendiri di rumah. Hasilnya seperti Bakso yang biasa dijual Abang gerobak pinggir jalan yang rasanya enak. Apalagi jika dimakan ketika hujan dengan kuah yang memakai tetelan daging dan sambal yang super pedas. Rasanya menggiurkan sekali.


Membuat Bakso Agar Halus Dan Kenyal 

  1. Gunakan Daging Sapi yang segar dicampur dengan sedikit Daging Ayam. Jika tidak ada campuran Daging Ayam, rasanya akan sedikit lembek dan sangat berbau Daging, tidak bisa kenyal.
  2. Komposisi Daging Sapi yang digunakan adalah 80% Daging Sapi dan 20% Daging Ayam.
  3. Gunakan Baking Powder agar kenyal, untuk 500 gram campuran Daging Bakso, pakai 1 sendok Teh Baking Powder.
  4. Daging Sapi dan Daging Ayam harus digiling sempurna sampai benar-benar halus dan licin. Jika tidak halus maka akan bergerinjil dan kurang cantik, tidak bulat sempurna. Tampilannya jelek. Agar halus, gunakan food processor atau gilingan daging. Jika tidak memilikinya, biasanya di pasar tradisional ada bagian penggilingan daging.
  5. Pakai Putih Telur sebagai campuran untuk menghaluskan Daging. Jangan pakai Kuning Telur. Tapi Putih Telur saja. Untuk 500 gram Daging, gunakan setidaknya 2 Putih Telur.
  6. Tambahkan Tepung Maizena sebagai "Pengikat" Daging. Jangan Terigu juga jangan Sagu. Tapi gunakan Maizena. Karena Maizena jika terkena air panas akan menyatu dengan Daging. 
  7. Agar Rasa Bakso gurih, gunakan Bawang Putih goreng yang sudah dihancurkan juga Bawang Merah Goreng. Jika tidak memiliki Bawang Putih Goreng, dapat gunakan Bubuk Bawang Putih Goreng.
  8. Air yang digunakan jangan mendidih hingga berbuih. Karena begitu Bakso dicemplungkan ke dalam didihan air yang terlampau mendidih, maka Bakso akan buyar pecah bagiannya sehingga permukaannya tidak halus melainkan seperti permukaan Bulan. Cemplungkan pada air yang mendidihnya hanya letupan kecil. Jadi, siapkan 2 (dua) panci. Ketika bulatan pertama dicemplungkan, airnya didihan tidak terlalu meletup. Ketika Bakso sudah kelihatan berubah warna putih dan terlihat sedikit matang, pindahkan ke dalam air yang didihannya lebih panas. Rebus  hingga matang.
  9. Ketika membulatkan Bakso, ambil dari tangan dengan menggunakan sendok yang sudah dibasahkan air. Sehingga Bakso licin. Cemplungkan perlahan ke dalam panci didihan dengan menggunakan sendok. Sehingga "mendarat" lambat dan tidak hancur. Jangan dicemplungkan kasar. Dijamin hancur dan tidak bulat.

Tips membuat Bakso agar padat dan kenyal:

  1. Gunakan Daging Sapi tanpa lemak. Benar-benar daging. Jika di Supermarket carilah daging sapi giling tanpa lemak. Jika di Pasar, beli saja daging Sapi yang utuh lalu minta digilingkan. Jika ada lemaknya, maka hasilnya cenderung lembek dan bergajih serta tidak enak.
  2. Untuk menghilangkan bau daging, ketika memblender atau menggiling daging, campurkan Bawang putih Goreng dan Bawang Merah Goreng. Jika tidak, maka akan berbau daging.
bakso halus dan kenyal
Bakso di didihkan di Panci lain
Selamat Membuat !

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk " untuk Resep lainnya 

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.