Textual description of firstImageUrl

Resep Ramen Halal Dan Lezat

cara membuat Ramen
Ramen Ayam BBQ
Banyak orang menyukai Mie Ramen namun takut jika tidak halal. Nah, Ramen yang biasa saya buat menggunakan kaldu Ayam atau Sapi dan resep ini dijamin halal. Cara membuat Ramen halal ini sangat mudah.
Kamu bisa membuat sendiri di rumah dan dijamin rasanya enak tidak kalah dengan rasa restoran.   


Cara Membuat Ramen:

resep mie ramen

Kuah ramen yang saya buat ini menggunakan kuah kaldu Ayam. Namun isi Ramennya adalah daging Sapi yang tipis seperti daging untuk Shabu-shabu atau Hotpot. Biasanya kita dapat menemukannya di Supermarket. Daging tipis ini juga dapat dibuat untuk Beef Teriyaki (lihat resep Beef Teriyaki di sini)

Namun, untuk resep ini, saya membuat kaldu ayamnya, lalu setelah jadi dan mendidih, baru di masukkan daging Sapi tipis Hotpot tersebut.

Bahan membuat Ramen:

Paha Ayam Kampung dengan tulangnya (untuk dibuat Kaldu Ayam)
1 butir Bawang Bombay
300-400 gr daging Sapi Tipis untuk Hotpot atau Shabu-shabu
1/2 sdm Kecap Asin Jepang untuk Sashimi atau Sushi
1/2 sdm Gula Pasir
1 sdm Ajimirin (semacam seasoning untuk membuat Sushi)
1 sdm Minyak Wijen 
1 sdm Bean Paste (semacam Tauco Jepang untuk membuat Miso Soup)
1/2 sdm Wijen hitam (boleh pakai boleh tidak)
1/2 sdm Rice Vinegar (semacam cuka Jepang untuk membuat Sushi)
1/2 sdm Kecap Manis 
1 pak Mie Ramen (bisa dibeli yang fresh ataupun yang kering)
Garam, sesuai selera dan diberikan paling akhir karena bahan diatas sudah memberikan rasa asin.

Untuk Garnish atau hiasan:
1 batang Bokcoy di potong 2 dan dicuci bersih
4-5 lembar Jamur Shitake di panaskan di wajan tanpa minyak hingga layu
Tauge (sesuai selera)

Rebus Kaldu Ayam bersama Bawang Bombay yang dipotong menjadi 4. Rebus hingga menjadi Kaldu (cara membuat Kaldu Ayam klik disini). Ketika sudah menjadi Kaldu, saring kuah Kaldu atau angkat Bawang Bombay yang sudah layu atau hancur. Masukkan bahan lainnya termasuk Daging Sapi Tipis. Bagi yang menyukai Daging yang empuk, masukkan Daging Sapi Hotpot 10 menit sebelum Ramen disajikan, sehingga rasanya lebih empuk. Namun, beberapa orang takut tidak matang atau ingin yang sangat matang, jadi bisa dimasukkan di awal.

** Ramen yang saya buat (gambar di atas) menggunakan Ayam yang saya grilled. Sedangkan yang paling atas gambar feature menggunakan Daging Sapi Hotpot.

Selama menggodok Kaldu Ayam, kita dapat merebus mienya. Setelah Mie matang, masukkan ke dalam wadah yang diisi air dingin. Sehingga Mie terasa kenyal. Saring atau tiriskan airnya. Panci bekas merebus Mie dapat dipakai untuk merebus Bokcoy. Namun jangan terlalu matang. Begitu air mendidih, masukkan Bokcoy dan angkat setelah 1 menit sehingga tidak terlalu lembek.  Setelah itu, panci juga dapat dipakai untuk membuat Telur rebus khas Mie Ramen Jepang, yaitu yang bagian kuningnya masih 3/4 matang. 
bean paste untuk ramen
Tauco Jepang

Cara membuat Telur Ramen: 

Didihkan air hingga berbuih, lalu masukkan Telur dan hitung selama 7 menit. Setelah 7 menit, segera angkat, buang air panasnya dan siram dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan Telur. Ketika memasukkan Telur, gunakan sendok untuk memasukkan Telur. Jangan dicemplungkan, karena telur dapat pecah ketika mengenai dasar panci.

Mie Ramen dapat dihias dengan menggunakan 1 lembar kecil Seaweed dan Tauge pada bagian atas Mie.

Note : Ajimirin, memberikan sedikit rasa gurih dan manis. Gunakan minyak Wijen buatan Jepang, karena rasanya lebih harum (lihat gambar dibawah).  Bahan untuk membuat Ramen ini dipakai hanya sedikit saja, namun harganya lumayan mahal. Artinya, modal untuk membuat lumayan mahal sedangkan yang dipakai hanya sedikit. Namun, sisa bahan dapat disimpan di lemari pendingin untuk digunakan kemudian. Selamat Makan.
bahan membuat Ramen
Kecap Asin, Ajimirin dan Minyak Wijen

Copyright of Winda Tanu
Click Label "Menu Utama" Below For More Recipes

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.