Textual description of firstImageUrl

Cara Membuat Ayam Bakar Madu Dengan Teflon

ayam bakar madu dengan teflon
ayam bakar madu dengan teflon
Membuat Ayam bakar madu tidak susah. Selain rasanya enak dan bumbunya meresap, Ayam bakar madu juga berbau asap seperti ayam BBQ. Saya membuatnya dengan menggunakan Teflon. Namun, jika kita memiliki pinggan tahan panas atau Cast Iron, itu lebih baik.

Karena memanggang dengan Teflon membuat Teflon menjadi cepat rusak dan lapisan Teflon berbahaya bagi kesehatan. Pinggan tahan panas atau Cast Iron terbuat dari besi tempa yang tebal semacam loyang Martabak manis pinggir jalan. Selain itu, membakar atau memanggang Ayam atau daging dengan Cast Iron, dapat membuat harum khas "smoky" atau bakaran.

Oleh karenanya, saya hanya membuat Ayam Bakar Madu Kecap dengan Teflon ini tidak terlalu sering. Selebihnya saya menggunakan Cast Iron atau Pinggan tahan panas. Jika menggunakan Oven bisa juga, dengan pilihan "Broil" atau api atas. Namun, jangan terlalu lama, tapi apinya langsung besar dan panas, dan tidak lebih dari 3-5 menit. Jika tidak, Ayam Bakar madu dijamin akan keras.

Membuat Ayam Bakar Madu Dengan Teflon 

bumbu ayam bakar madu
Sisa Bumbu Saya Tambahkan Daging Ayam Rebus Bekas Kaldu
4 hingga 5 potong Paha Ayam dengan Tulang. 
3-4 lembar Daun Jeruk Purut
1/2 buah Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis, ambil airnya untuk melumuri Ayam
10 butir Bawang Merah ukuran besar 
5 Siung Bawang Putih
2 sdm Gula Merah halus
1 sdm Kecap Manis
Garam dan Lada secukupnya
1 jempol Lengkuas
1 jempol Jahe
4 buah Kemiri 
2 sdt Ketumbar Bubuk

Sebelumnya di masak, Paha Ayam dibersihkan dan dicuci serta di balur dengan air jeruk Lemon atau Jeruk Nipis agar Ayam tidak berbau ketika dimasak.

Haluskan semua bahan kecuali Daun Jeruk Purut, Gula merah dan Kecap manis. Menghaluskannya dengan sedikit air dan 1 sdm minyak goreng bersih. Tumis Bumbu hingga harum. Gunakan panci yang tidak terlalu dalam, namun juga jangan wajan datar. Sebab, ada baiknya bumbu sekaligus di tumis di dalam panci hingga berbau harum. 

Masukkan Potongan Paha Ayam dan tata di dalam Panci. Tambahkan kecap dan Gula Merah. Aduk perlahan hingga Ayam sedikit matang, daging luarnya berwarna putih. Tambahkan Air panas ke dalam panci. Banyaknya air, hanya membuat Ayam terendam. Jadi, jangan terlalu banyak namun terendam. Mengapa air panas? Sebab, jika tidak air panas, maka Daging Ayam bisa mengeluarkan darah yang membuat rebusan bumbu menjadi butek dan kotor. Air panas akan membuat paha Ayam matang dan tidak sempat mengeluarkan darah. Rebus paha Ayam dengan bumbu tersebut hingga matang. Pakailah api sedang, dan tutup wajan, sehingga paha Ayam menjadi empuk (dari uap yang dihasilkan panci).

Rebus paha Ayam hingga bumbu nyaris habis, namun jangan sampai kering apalagi gosong. Bumbu akan terlihat mengental.

Memanggang dengan teflon

Setelah matang, keluarkan Ayam dan panaskan di atas Teflon atau Pinggan tahan panas. Gunakan Mentega agar Ayam Bakar Madu terlihat mengkilat dan tidak kering. Sebelum di taruh di atas Teflon, oleskan dengan sedikit Madu hingga warnanya cantik. Ayam Bakar Madu Kecap ini enak dimakan dengan nasi yang hangat.  Selamat mencoba! 

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.