Textual description of firstImageUrl

Cara Membuat Nasi Hainam Ayam Dengan Presto

nasi hainam ayam
Nasi Hainam Ayam 
Nasi Hainam atau Nasi Hainan ayam dapat dibuat dengan memakai presto. Biasanya, orang membuat seperti membuat Nasi Tim (lihat resep Nasi Tim di sini) . Namun, saya menyukai Nasi Hainam dengan menggunakan Presto. Selain lebih cepat dan tidak membuang waktu, juga rasanya lebih enak karena nasi terasa lebih pulen. 



Membuat Nasi Hainam Ayam Dengan Presto

cara membuat nasi hainam

Cara membuat nasi hainam cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bumbu. Juga sangat praktis dan tidak memakan waktu. Nasi Hainam bisa dimakan dengan Ayam Rebus ataupun Ayam Barbeque yang dipanggang dengan saus Barbeque. Dan tentu saja tidak ketinggalan, Acar mentimun.

Resep Nasi Hainam 

300-400 gram Daging Ayam (bisa fillet Dada Ayam ataupun Paha dengan tulang)
Jahe sebesar Jempol Ibu Jari, di geprek hingga menjadi beberapa bagian.
2-3 siung Bawang Putih (tergantung besarnya Bawang Putih. Bisa juga 4 Siung jika ingin rasanya lebih tajam). Hancurkan halus namun jangan di blender. Namun dirajang halus.
Garam secukupnya
Lada Secukupnya
1 sdm Kecap Asin Cap Ikan
1 sdm Kecap Asin Kikkoman (untuk Sushi dan Sashimi agar harum)
1 sdm Minyak Wijen (dimasukkan paling akhir ketika nasi sudah matang)
1-2 Batang Sereh yang di geprek
3 cup Beras

Awalnya, kita membuat Kaldu Ayam terlebih dahulu dengan Daging Ayam tersebut (lihat cara membuat Kaldu Ayam di sini). Saya menggunakan Presto untuk membuat Kaldu Ayam, dan tidak terlalu lama. Hanya 12 menit saja. Karena, Ayam akan saya pergunakan untuk membuat Ayam Hainam. Sehingga jika terlalu lama di rebus Ayam akan hancur. Oleh karenanya, 12 menit saja cukup.
Ketika membuat Kaldu, jangan lupa masukkan 1 butir Bawang Bombay yang sudah dikupas dan dipotong menjadi 4, juga tambahkan garam ke dalam air Kaldu. Bawang Bombay membuat Kaldu terasa gurih. Setelah Kaldu selesai, saring air Kaldu dan gunakan untuk membuat Nasi Hainam.

Beras dicuci bersih, dan masukkan ke dalam Presto yang sama bekas membuat Kaldu Ayam dan Presto tidak perlu dicuci. Masukkan beras, Jika kita menggunakan 3 cup beras, maka air Kaldu yang digunakan 4.5 cup. Jadi, air kaldu dilebihkan 1.5 cup. Jika menggunakan 2 cup beras, maka Air Kaldunya 3.5 cup. Masukkan Bawang Putih yang telah dihancurkan, Sereh, Jahe, Kecap Asin, Kecap Ikan, Lada, Garam secukupnya (cicipi air Kaldunya. Jika rasanya sudah pas, jangan tambahkan Garam). Tutup Presto dan masak. Ketika Presto sudah berbunyi, segeralah kecilkan API atau Kompor sehingga air tidak habis dan nasi tidak hangus. Kecilkan api dan terus masak selama 10 menit.

Selama menunggu Presto selesai, Ayam yang sudah direbus tadi kita bisa panggang sedikit dengan Teflon dengan memakai bumbu BBQ kesukaan kita, atau tanpa Saus BBQ namun dikeringkan saja di atas Teflon tanpa minyak, namun dengan sedikit Mentega atau Butter, hingga terlihat mengkilat. Untuk resep ini, Ayamnya saya pakai Bumbu BBQ dan di panggang sebentar di atas Teflon agar warnanya cantik.

Setelah 12 menit, matikan Presto dan diamkan hingga Presto aman untuk dibuka. Jika kita membukanya langsung sebelum tombol Presto turun, maka nasi akan lengket pada dasar Presto. Namun jika kita membuka Presto sesudah tombol benar-benar sudah turun dan Presto aman untuk dibuka, maka Nasi tidak lengket di dasar Presto. 

Buka Presto dan beri minyak Wijen sambil diaduk-aduk perlahan. Selamat mencoba Nasi Hainam.

Lihat Resep lainnya klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Menu Utama" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.