Textual description of firstImageUrl

Cara Membuat Otak Otak Ikan Dengan Mini Oven

cara membuat otak otak
resep otak otak ikan
Dengan mini oven, kita dapat membuat Otak-otak ikan yang enak praktis tanpa ribet. Selain itu, Otak-otak Ikan juga tidak menggunakan banyak bumbu. Ikan yang digunakan adalah Ikan Tenggiri. Proses yang agak lama adalah mengambil daging Ikan dan memisahkannya dari durinya. Selanjutnya, membungkus satu persatu Otak-otak. Namun, semua proses tersebut akan terbayar setelah mencicipi kelezatan Otak-otak Ikan panggang ini.

Cara Membuat Otak Otak 

Oven yang kita gunakan tidak perlu oven besar, tapi cukup mini oven yang biasa ditaruh di atas meja. Namun, karena keterbatasan ruang, Otak-otak tidak dapat dimasukkan sekaligus, melainkan beberapa "kloter". 

adonan otak otak ikan
Adonan Otak-Otak di campur rata

Berikut resep Otak-otak Ikan:

300 gram Fillet Ikan Tenggiri yang sudah di pisahkan dari durinya dan di giling halus
2-3 sendok makan Santan kental
2 sendok makan Sagu Tani (sendok penuh munjung)
Garam dan merica secukupnya sesuai selera
3 sampai 4 Bawang Merah yang diiris halus. Jika tidak menyukai Bawang, maka dapat diganti dengan Daun Bawang yang diiris halus sebanyak 1 hingga 2 batang Daun Bawang ukuran besar
Daun Pisang Batu untuk membungkus.

Semua bahan dijadikan satu dan dibungkus dengan daun Pisang seperti bungkusan Otak-otak. Sebelum di bungkus, adonan dapat dicicipi dulu agar rasanya pas tidak kurang Garam atau kurang rasa lainnya. Caranya, dengan mengambil sedikit adonan dan dimatangkan dengan menggunakan Teflon.

Setelah selesai dibungkus, panaskan Oven Mini hingga 200 drajat Celcius. Panggang Otak Otak Ikan selama 10 menit. Setelah 10 menit, balik Otak otak Ikan dan panggang kembali selama 10 menit. Otak-otak Ikan siap di santap.
cara membuat otak otak ikan

Tips Membuat Otak-otak Ikan Panggang:

  • Bagi kamu yang tinggal di luar negeri, dapat membeli Fish Paste atau Adonan Ikan yang sudah dimasukkan ke dalam kemasan. Namun, biasanya Fish Paste agak sedikit encer. Tambahkan tepung Hunkwe atau Mungbean Flour ke dalam adonan sebanyak 1 sdm untuk 300 gram adonan.  Biasanya Fish Paste yang dijual di Supermarket sudah diberi garam dan penyedap rasa sehingga hati-hati jika menambahkan Garam agar tidak terlalu asin.
  • Tepung Hunkwe atau Mungbean Flour, memberikan rasa kenyal pada adonan dan membuat adonan lebih padat atau garing. 
Selamat makan Otak Otak Ikan Panggang.

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Snacks" untuk resep lainnya

2 comments:

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.