Textual description of firstImageUrl

Resep Soto Daging Sederhana

resep Soto Daging
Soto daging

Resep Soto Daging sederhana yang saya buat ini tidak menggunakan terlalu banyak santan. Sehingga soto daging ini rasanya tidak terlalu enek. Daging yang saya gunakan adalah daging sup dengan sedikit tetelan. Rasanya enak walau bumbunya sederhana. Yuk kita membuat Soto Daging sederhana ini:

Resep Soto Daging Sederhana

300 gram Daging Sapi untuk Sup dengan sedikit Tetelan atau lemak daging
6 hingga 7 sendok makan Santan 
Air untuk merebus Daging
Garam, Lada secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
6 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
3 butir Kemiri
1 sdt Ketumbar bubuk
1 ruas Kunyit
2 Batang Daun Sereh di keprek
3-4 lembar Daun Jeruk Purut

Pelengkap:
1 buah Tomat ukuran besar
Tauge jika suka
Seledri sebagai pelengkap
Daun Bawang di potong-potong
1-2 iris Jeruk Nipis 

Cara membuat soto daging:

Siapkan air di panci untuk kuah Daging dan biarkan hingga benar-benar mendidih. Setelah mendidih, baru masukkan Sereh dan Daun Jeruk. Masukkan daging yang telah dipotong kecil ke dalam air yang mendidih. Air mendidih, maksudnya adalah air berbuih. Jangan dalam kondisi 1/2 mendidih atau gelembung kecil, karena daging akan mengeluarkan darah yang menyebabkan kuah soto menjadi butek dan mengandung darah daging. Masukkan Garam 1/2 sdm (terlebih dahulu).

Bumbu dihaluskan atau diblender dengan menggunakan sedikit air (3 sdm)  dan 1 sdm minyak bersih. Lalu di tumis dengan api sedang hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan Daging dan tunggu hingga matang. Ketika Daging sudah tidak berwarna merah, kompor boleh dikecilkan dalam kondisi api sedang. Tutup panci namun tetap awasi jangan sampai kuah membludak. Ketika daging terlihat empuk, cicipi dan tambahkan garam sesuai selera. Pada proses ini, masukkan Santan dan biarkan hingga matang dan Santan mengeluarkan minyak.
soto daging betawi
Soto Daging Betawi

Ketika sudah matang, baru masukkan Tomat yang sudah dipotong kecil, Seledri, hingga Bawang goreng.  Soto dapat di sajikan dengan memakai Tauge dan Emping. Juga dapat memakai Jeruk Nipis jika suka dan Daun Bawang.  Namun, di Kanada ini, Tauge ukurannya raksasa dan Emping sangat susah di dapat jadi tidak memakai Emping.

Soto juga dapat di tambahkan dengan potongan Telur rebus. Selamat mencoba.

Copyright of Winda Tanu 
Klik Label "Aneka Sup" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.