Textual description of firstImageUrl

Agar Wajan Tidak Cepat Rusak

agar wajan tidak cepat rusak
Wajan cast iron

Bagaimana agar wajan tidak cepat rusak? Harga wajan semakin mahal sekarang ini. Apalagi wajan dengan kualitas bagus. Namun, wajan dengan kualitas biasa sebenarnya bisa tahan lama asal kita menggunakannya dengan benar. Berikut tips agar wajan tidak cepat rusak.

Agar Wajan Tidak Cepat Rusak

Wajan tidak akan cepat rusak jika kita benar dan tau cara menggunakannya. Sekalipun kita membeli wajan dengan harga berjuta-juta, tetap akan rusak jika kita semena-mena memakainya. Berikut tips memelihara wajan:
  • Dalam kondisi panas wajan jangan disiram air atau jangan mencuci wajan dalam kondisi panas. Sabarlah menunggu hingga wajan dalam kondisi dingin. 
  • Jangan menggosok wajan anti lengket dengan sabuk atau bahan yang kasar seperti coil aluminium, abu gosok, pisau, sendok, ataupun sutil penggoreng yang tajam. Bersihkan dengan tapas cuci piring yang lembut.  Sedangkan untuk wajan atau panci berbahan stainless boleh dengan menggunakan coil aluminium itupun setelah dalam kondisi tidak panas dan sudah direndam beberapa saat.
  • Gunakan wajan dengan beberapa kegunaan:
    • Wajan stainless steel, besi atau carbon steel gunanya untuk menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak. Minyak yang panas dan banyak dipastikan suhunya sangat tinggi. Wajan stainless, besi atau carbon steel juga tahan air dingin walau dalam kondisi panas. Jangan gunakan wajan dengan lapisan anti lengket. Dijamin cepat rusak.
    • Wajan anti lengket. Wajan ini fungsinya hanya sebatas membuat telur, menumis atau masakan yang membutuhkan minyak sedikit seperti 1 hingga 2 sendok makan minyak saja.
    • Wajan cast iron. Wajan ini gunanya untuk menggosongkan atau braised atau BBQ. Wajan cast iron bisa tahan hingga 1000C panasnya. Bisa untuk membakar sate maupun memanggang ayam. Wajan cast iron adalah seperti tampak pada gambar atas.
    • Wajan Dutch oven atau wajan dengan lapisan enamel. Wajan ini biasanya untuk merebus tomat atau sayur-sayur. Beberapa sayur seperti Tomat berinteraksi dengan bahan stainless steel. Wajan dengan lapisan enamel cocok untuk masakan dengan tomat seperti pasta.
    • Wajan aluminium. Sebaiknya kurangi pemakaian wajan aluminium karena tidak baik untuk kesehatan. 
  • Jangan membeli wajan dengan kualitas murah dan bahan lapisan atau coating yang kurang bagus. Selain tidak baik untuk kesehatan, wajan juga tidak memenuhi standar memasak pada suhu tertentu.
Nah, jika kita menggunakan wajan sesuai fungsinya, dijamin wajan tidak akan cepat rusak. Salah satu contoh kecil, untuk menggoreng bakwan dengan minyak yang banyak, jangan gunakan wajan dengan lapisan anti lengket. Dijamin lapisan anti lengket akan cepat terkelupas. Gunakan wajan stainless steel atau wajan besi atau wok.

Sedangkan untuk membuat telur mata sapi, gunakan wajan anti lengket karena minyak yang digunakan hanya sedikit. Memakai wajan besi atau stainless steel akan membuat telur lengket pada permukaan wajan.

Copyright of Winda Tanu

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.