Textual description of firstImageUrl

Bakwan Sayur Renyah Enak Ala Gorengan Pinggir Jalan


bakwan sayur renyah enak
Bakwan ala gorengan pinggir jalan

Membuat Bakwan Sayur agar renyah dan crispy ada triknya. Bakwan ala Abang gorengan pinggir jalan kenapa ya baunya enak sekali? Seringkali kita tergoda dengan aroma gorengan yang dijajakan oleh Abang gorengan di pinggir jalan. Gorengan pinggir jalan itu biasanya Tahu goreng isi, Singkong Goreng, Tempe Goreng yang tipis, dan juga Bakwan Sayur.Aroma gorengan tersebut lezat dan menggoda selera. Apalagi jika sedang hujan dan di makan dengan secangkir teh atau kopi hangat. Dan tak lupa, Cabai Rawitnya itu loh! Kita bisa membuat Bakwan Sayur renyah dan enak itu sendiri di rumah. Selain minyak yang digunakan lebih bersih, lebih menyehatkan dan tentu saja lebih ekonomis! 

Resep Bakwan Sayur: 

  • 2 butir telur ayam
  • Kol diiris (banyaknya sesuai selera) kira-kira semangkuk kecil.
  • Wortel di iris (banyaknya sesuai selera) kira-kira 1/2 mangkuk kecil. Bisa di parut, bisa di potong seperti korek api.
  • Tauge (jika suka, namun perhatikan, Tauge mudah berair dan menjadikan gorengan cepat basi, kecuali gorengan dihabiskan dalam waktu 1 hari). Kira-kira semangkuk kecil.
  • 2 siung Bawang putih, 1 sdm Ketumbar Bubuk dan 1 butir Kemiri (boleh pakai boleh tidak) - dihaluskan.
  • Garam, Lada sesuai selera.
  • Terigu  3/4 hingga 1 gelas tergantung banyaknya sayuran. 
  • Minyak untuk menggoreng. 
Semua bumbu di haluskan dan di campur jadi satu. Adonan tidak boleh terlalu banyak terigu, tapi jangan terlalu cair. Rahasianya, sayur tertutup tepung namun tidak seperti adonan Crepes atau Pancake Jika sesudah ditambahkan telur adonan terlihat terlalu kering dan isi terlalu banyak, tambahkan telur lagi dan sedikit air (jangan terlalu banyak air karena sayuran akan mengeluarkan air).  Goreng dengan minyak yang panasnya sedang agar gorengan kering hingga ke dalam (matang menyeluruh). Menggoreng Bakwan harus sabar, jangan terburu-buru. Karena jika terburu-buru maka gorengan masih mentah bagian dalamnya.
Adonan bakwan
Adonan Bakwan Sayur Pas

Membuat Bakwan Sayur Ala Abang Pinggir Jalan:

  1. Versi Rumahan : Jika sayuran dan tepung terlalu banyak dan adonan terasa kering, tambahkan Telur.  Sedangkan versi jualan : tambahkan air agar tepung dan sayur menyatu sempurna.   Hasilnya : Bakwan sayur versi rumahan akan terasa lebih lembut sedangkan versi jualan akan terasa lebih keras. 
  2. Versi Rumahan :  Penggunaan telur yang banyak agar gorengan mekar. Sedangkan versi jualan menggunakan baking powder agar gorengan mekar. Kemiri memberikan wangi sedap dan gorengan terasa garing.  
  3. Bawang putih dan Ketumbar memberikan aroma gorengan khas abang jualan pinggir jalan. Terutama Ketumbar.  
  4. Minyak sisa gorengan akan sedikit berbusa karena penggunaan telur. Buanglah minyak sisa gorengan yang sudah jelek atau kehitaman dan berbau, baunya melekat pada pakaian pada saat digoreng.  Karena tidak baik bagi kesehatan dan bersifat karsinogenik atau beracun.
bakwan goreng ala abang pinggir jalan
Bakwan Goreng Renyah Enak
Selamat Makan Bakwan.

Lihat Resep Snack Berikutnya, Klik pada judul :
Bakwan Jamur Goreng Renyah

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tips Memasak" atau "Snacks" untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.