Textual description of firstImageUrl

Membuat Sayur Asem Di Luar Negri

membuat sayur asem di luar negeri
Sayur Asem
Membuat Sayur Asem di luar negeri bisa kita lakukan.  Teman-teman sering bertanya, "Membuat Sayur Asem di luar negeri memang bisa? Bahannya ada?" Bisa! Walau tidak lengkap dengan melinjo dan daun Salam asli, tapi kita tetap bisa membuat sayur asem di luar negeri. Berikut bahan pengganti untuk Resep Sayur Asem:



Membuat Sayur Asem di luar negeri:

  • Asem : di temukan di Supermarket Asia. Kebanyakan buatan Thailand. Mirip dengan Asem Jawa.  Biasanya dikemas dalam plastik persegi empat dan sudah bersih.
  • Bawang merah : gunakan shallot (di supermarket Western, atau dry shallot di supermarket Asia). Jika susah mendapatkannya, dapat diganti dengan bawang Bombay/Onion.
  • Cabai : Cabe merah atau hijau dapat mudah di temukan di Asian Grocery, terutama Cabai Thailand. atau Jalapeno atau Habanero di Supermarket Western. Jika tidak suka pedas, dapat diganti dengan Paprika Merah.
  •  Kacang Panjang, jika sulit di dapat, dapat diganti dengan Buncis.
  • Jagung, mudah di dapat. Bahkan cenderung manis dan bicolor/berwarna dua.
  • Kacang merah, dapat ditemukan dalam kaleng, berupa Kacang Merah, Polong, atau Chick Peas.
  • Labu Siam, dapat ditemukan di Asian Grocery.
  • Melinjo berhubung tidak ada, diganti kentang kecil. Dapat juga dipakai Daun Kale yang dimasukkan pada saat akhir agar tidak terlalu lembek. (Segera matikan kompor dan tutup panci sehingga Daun Kale layu atau matang karena uap masakan).
  • Daun Salam, dapat ditemukan di Asian Grocery. Biasanya Daun Salam dalam keadaan kering yang harus di rendam air terlebih dahulu setidaknya 30 menit sebelum di pakai, untuk membersihkannya dari kotoran.
sayur asem sederhana
Sayur Asem Sederhana

Resep Sayur Asem:

Ulek atau blender Bawang Merah 4-5 butir bersama dengan Cabai Merah yang jumlahnya disesuaikan dengan selera. Jika kita menyukai pedas, tentu menggunakan lebih banyak Cabai Merah. Sebelumnya, didihkan air di dalam panci dan masukkan Daun Salam (2-3 helai) yang sudah di rendam air (karena kita menggunakan Daun Salam kering). Masukkan ulekan Cabe dan Bawang tersebut ke dalam air mendidih, dan masukkan Asem Jawa (atau Asem Thailand yang kita dapat temukan dengan mudah di Supermarket Asia). Jangan lupa masukkan Garam.

Lalu mulailah masukkan Jagung dan tunggu sekitar 5 menit hingga Jagung matang dan berubah warna lebih matang. Baru masukkan Labu Siam, Buncis atau Kacang Panjang, dan sayuran lainnya seperti Kacang kaleng. Jika kita ingin memakai Kentang kecil, maka Kentang dimasukkan berbarengan dengan Jagung karena kerasnya sama.

Intinya, masukkan bahan atau sayur yang keras dahulu seperti Jagung dan Kentang kecil dan didihkan selama 5 menit dahulu sebelum memasukkan bahan lainnya, agar tidak terlalu lembek. Membuat Sayur Asem di luar negeri, perlu kreativitas. Terkadang, saya memasukkan potongan Paprika Merah atau Hijau agar menambah warna pada Sayur Asem. Jika tidak menemukan Bawang Merah/Shallots, saya memakai Bawang Bombay yang dipotong kecil dan halus. Jika warna Sayur Asem terlalu bening dan kurang menarik, dapat kita tambahkan Paprika bubuk sebanyak 1 sendok teh agar warna Sayur Asem menarik kemerahan. Nah, akhirnya kita dapat membuat Sayur Asem di luar negeri. Selamat makan !

Baca Resep Berikutnya :Resep Rolade Ayam Halus

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Lauk" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.