Textual description of firstImageUrl

Resep Burger Rumahan Mudah Dan Enak Ala Restoran


resep burger
Burger rumahan
Resep burger rumahan ini mudah dan enak ala restoran. Saya baru coba dan rasanya enak dan persis seperti Hamburger sekelas "Works Burger" restoran di Kanada sini.  Bukan promosi. Cara membuat burger rumahan ini tidak sulit.
Juga cocok untuk dijadikan ide membuka bisnis burger mini, ataupun untuk makan si kecil jika anak susah makan nasi atau jika kita sedang bosan makan nasi.

Di samping itu, membuat sendiri, mengurangi rasa "dosa" karena burger buatan sendiri daging gilingnya bisa dipilih yang bagus kualitas AA, bentuk dan rasa serta ketebalan daging giling, juga sayurannya (Lettuce dan Tomat) termasuk jenis roti yang digunakan (apakah ingin memakai roti putih atau gandum).  Resep burger rumahan ini dijamin enak apalagi jika menggunakan topping atau saus yang bisa kita pilih, misalnya saus untuk Steak, ataupun grilled.

Burger yang saya buat kali ini menggunakan daging giling kualitas AA yang lean atau tanpa lemak- karena ingin memantau kolesterol badan.  Selada air, Tomat dan roti MultiGrain atau roti gandum. Saya tidak menggunakan mustard ataupun Mayonaise.  Untuk kentangnya, saya gunakan kentang panggang jenis kentang kecil (mini potatoes), bukan French Fries atau kentang goreng. Mini Potatoes atau kentang kecil atau kentang mini selain dapat di panggang, dapat juga direbus atau dikukus sesuai selera.

Resep Burger Rumahan:

  • Daging giling 500 gr (sesuai selera. Untuk resep yang saya gunakan ini saya tipe tipe AA yang lean atau rendah lemak).  Namun, untuk rasa yang lebih "nendang", juicy (empuk dan lunak), sebaiknya pilih daging yang justru memakai lemak.  Karena lemak daging akan membuat daging lebih juicy dan tidak keras atau kering.
  •  1 buah Bawang Bombay ukuran besar dan di blender (tanpa air). 
  • Garam, Lada sesuai selera
  • 2 cup tepung roti (untuk menambah massa dan bentuk namun tidak membuat keras dibandingkan sagu atau terigu)
  • 2 butir telur
  • Lettuce/Selada, Tomat dan Ketimun (sesuai selera)
  • Mayonnaise atau Mustard (sesuai selera)
cara buat burger
Daging giling yang sudah di campur
Semua bahan di atas di gabung dan diaduk jadi satu. Usahakan dagingnya halus. Jika tidak memiliki food processor, semua bahan di atas bisa di blender atau di taruh di wadah dan diuleni dengan tangan (pakai sarung tangan plastik), hingga tercampur rata dan halus.  Jika ingin sedikit bereksperimen, dapat ditambahkan keju parmesan/keju parut.  Jika adonan terlalu "encer" karena telur yang besar, tambahkan tepung rotinya.  Jangan tambahkan tepung (apapun juga).  
Memakai daging Sapi giling dengan lemak justru membuat Burger lebih empuk dan juicy dibandingkan daging giling tanpa lemak
Bulatkan daging dan gepengkan berbentuk burger. Lalu panggang 160C hingga matang, sekitar 20 menit. Setelah matang, olesi dengan saus kesukaan Anda.  Saya pilih Blaze dari Kikkoman. rasanya paling pas dan wanginya paling harum. Lalu "keringkan" di atas wajan tahan panas sebentar hingga daging terselimuti saus tersebut.  Susun dengan Lettuce dan Tomat atau Mentimun kesukaan Anda.   

cara buat burger
Daging di bentuk dan di cetak

Tips membuat Burger rumahan:

  •  Jika tidak memiliki Oven atau panggangan, dapat dipakai cara 1: daging dikukus terlebih dahulu (setelah digepengkan. Setelah matang, daging dikeringkan di wajan tahan panas dan sambil dikeringkan, olesi saus BBQ. 
  • Cara ke-2 : daging di gepengkan, lalu di taruh di wajan anti panas, beri air 1/2 cm dan minyak 2 sdm. Tutup wajan dan daging dimasak dengan api kecil.  Cara ini seperti cara "steam uap" dengan menggunakan minyak.  Namun, daging jangan tebal2 karena takut tidak matang.  Juga, jangan lupa, daging di "keringkan" lagi dengan cara di atas (dengan wajan anti panas dan dilumuri saus).
bisnis burger mini
Saus 

Jika terkena panas, daging akan sedikit mengecil atau menciut dan naik ke atas (menggembung), sehingga pastikan lebar Burger sesuai selera Anda. Jangan sampai terlalu kecil sehingga ketika menyusut, burger akan semakin kecil dan melengkung ke atas.

Lihat Resep Lainnya : Tips Membuat Salmon Panggang Lezat
                                    Resep Empal atau Gepuk
                                    Resep Kulit Risoles Tidak Mudah Sobek

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Menu Utama" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.