Textual description of firstImageUrl

Sup Daging Kacang Merah Sederhana


sup daging kacang merah
sup kacang merah
Sup Daging Kacang Merah sederhana ini tidak memakai bumbu kecuali garam. Kelezatan sup ini berasal dari kaldu daging Sapi asli dan Kacang Merah yang empuk.  Sup ini cocok buat menu anak-anak terutama menu Balita yang susah makan.

Selain mudah dicerna, Sup Kacang Merah juga mengandung banyak protein nabati maupun hewani. Sedangkan bagi anak kecil, Sup ini tidak menggunakan terlalu banyak bumbu selain garam.  Sehingga rasanya "sederhana" dan mudah diterima oleh lidah anak kecil.

Sup Daging Kacang Merah Sederhana: 

1 cup Kacang Merah atau Red Kidney Bean, rendam selama 30 menit dengan air bersih dan buang air rendamannya. Untuk membuat Sup, gunakan air bersih yang baru.
250 gr daging Sapi untuk sup
Garam secukupnya
Air untuk merebus daging dan kacang

Rebuslah air hingga mendidih dan masukkan daging yang telah di potong kecil sesuai selera.  Rebus daging hingga empuk.  Cara menggodok atau merebus daging agar tidak butek, sama seperti membuat kaldu Ayam.  Jangan lupa, tambahkan garam selama proses penggodokan daging Sapi. Awasi tutup panci ketika menggodok daging, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu air rebusan daging meluap.

Cara Merebus Kacang Merah:

Di tempat terpisah, rebus Kacang Merah hingga 3/4 empuk.  Jangan terlalu empuk agar ketika di gabungkan dengan daging yang sudah matang, kacang tidak terlalu matang atau hancur dan vitamin tidak banyak hilang.  Jika rebusan daging Sapi sudah matang dan empuk, masukkan Kacang Merah ke dalam sup.  Buang air rebusan Kacang Merah karena akan mengotori sup.

sup daging dengan kacang merah

Tips membuat Sup Daging Kacang Merah:

  1. Buanglah air rendaman Kacang Merah (sebelum di rebus). Dulu, saya selalu memakai air rendaman dengan pikiran agar vitamin tidak terbuang.  Namun, buku kesehatan yang pernah saya baca, air rendaman Kacang Merah tidak baik bagi kesehatan. Karena, bisa saja pada proses pengeringan ketika di jual, Kacang Merah terpapar udara kotor atau bahan kimia. Maka buanglah air rendaman tersebut.
  2. Agar Kacang Merah tidak kebiruan, tambahkan sejumput Asam Jawa pada proses merebus.  Tips ini saya dapatkan dari Mama saya. Namun, jangan terlalu banyak.  Jika tidak, sup akan terasa sedikit asam. Cukup satu ruas kelingking saja.
  3. Jika ingin menghemat waktu (karena merebus cukup lama), kita dapat menggunakan panci Presto atau Presto Cooker.  Pertama, rebuslah daging Sapi dengan Panci Presto selama 20 menit.  Tuang hasil rebusan daging ke panci sup terpisah.  Lalu, gunakan panci Presto yang sama untuk merebus Kacang Merah selama 15 menit.  Tuang Kacang Merah ke dalam sup kaldu daging Sapi.  Buang air rebusannya.  Jangan lupa, ketika merebus Kacang Merah, jumlah air 2 kali lipat dari permukaan kacang karena akan mengembang atau surut di dalam Panci Presto.
  4. Jika tidak memiliki panci Presto atau Pressure Cooker, Kacang Merah sebaiknya direndam dulu setidaknya 2 jam agar tidak menyita waktu ketika direbus dan hemat bahan bakar (Gas/Api).
Selamat Makan dan selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya : Menu Catering Anak Sekolahan

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Aneka Sup"  untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.