Textual description of firstImageUrl

Resep Cheese Cake Mudah

resep cheese cake mudah
Resep Cheese cake mudah
Resep Cheese Cake ini tidak sesusah yang saya bayangkan. Terutama karena cara pembuatannya  menggunakan Cream Cheese sudah jadi dan dapat di beli di Supermarket. Cream Cheese tinggal kita olah sehingga menghasilkan Cheese Cake yang lembut dan sudah tentu enak. Berikut resep Cheese Cake mudah anti gagal.


Resep Cheese Cake Mudah

cara membuat Cheese Cake
Loyang Springform
2 pak Cream Cheese (2x227 gram)
1/2 cup gula pasir 
1/2 cup yoghurt atau sour cream (saya pakai yogurt biasa)
1 sdt Vanilla bubuk (agar harum)
1 butir telur (suhu ruang)
1 sdm Tepung Terigu (dipakai jika adonan terlalu encer sebagai "pengikat" namun jika adonan sudah agak kental, tidak usah dipakai)

Bahan dasar loyang:
1-2 sdm mentega cair
1 cup Biskuit yang sudah hancurkan (bisa Marie Regal atau Oreo atau biskuit favorit lainnya)
Loyang Springform (loyang yang dapat dilepas) atau Pyrex juga bisa

  1. Pertama, buatlah bagian dasar Cheese Cake, yaitu terbuat dari remahan Biskuit yang sudah di hancurkan dengan blender hingga halus, lalu di campur mentega cair. Remahan Biskuit yang digunakan terserah selera. Jika ingin bagian dasar sedikit tebal, gunakan banyak biskuit. Sebaliknya, jika ingin tipis, gunakan sedikit remahan biskuit. 
  2. Banyaknya mentega tergantung jenis biskuit. Yang menjadi acuan, remahan biskuit dapat dibentuk dan sedikit lembab. 
  3. Taruh remahan biskuit di bagian dasar loyang. Tekan-tekan dengan jari dan ratakan dengan punggung sendok. Jika tidak memiliki loyang Springform, kita dapat menggunakan Pyrex kaca. Untuk resep di atas saya gunakan loyang bundar ukuran diameter 20 cm.
  4. Cream Cheese yang saya gunakan merk Philadelphia, namun dapat gunakan merek apa saja.
  5. Diamkan Cream Cheese di suhu ruang hingga sedikit lembek. lalu mixer perlahan.
  6. Tambahkan gula pasir perlahan, mixer lagi, lalu yoghurt atau sour cream, Vanilla dan terakhir telur. 
  7. Cream Cheese, beda-beda kekentalannya, tergantung merknya. Jika Cream Cheese yang digunakan terlalu encer, tambahkan 1 sdm tepung terigu sebagai "pengikat" adonan. Sehingga pada saat di panggang, Cheese Cake dapat matang dan tidak retak. Tuang pada loyang dan goyang-goyangkan adonan sehingga permukaannya rata. Panggang pada suhu 180 C selama 45 menit hingga 1 jam.
cream cheese untuk cheese cake
Cream Cheese
Cara membuat Cheese Cake tidak sesusah yang saya bayangkan.
Awasi jangan sampai gosong. Sebab, bahan yang digunakan sebenarnya sudah matang semua. Telur hanya sekedar membuat adonan menjadi padat dan melembutkan. Telur, hitungan 10 menit sebenarnya sudah matang.  

Memanggang Cheese Cake

Jika Cake sudah padat dan bagian tengahnya tidak terlalu cair, maka oven dapat dimatikan. Tidak harus 1 jam. Keluarkan dari Oven dan sedikit agak digoyangkan. Jika sudah tidak bergoyang maka artinya sudah matang. Namun jangan terlalu lama memanggang, karena akan keras atau bantat. 

Setelah dikeluarkan dari Oven, pakai pisau longgarkan sisi-sisi kue sehingga terlepas dari loyang namun jangan di keluarkan dari loyang melainkan masukkan ke dalam kulkas dan dinginkan hingga 3 jam. 

Beberapa orang, menyukai Cheese Cake yang lembut. Sehingga pada saat di panggang di oven tidak terlalu lama (15-20 menit). Ketika di keluarkan dari oven masih sedikit lembut dan bergoyang. Namun diamkan di kulkas selama 4-6 jam bahkan ada yang semalaman. Selamat menikmati Cheese Cake.

Klik Resep lainnya : Resep Bolu Putih Telur Panggang
                                  Tips Membuat Bubur Sagu Mutiara

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Dessert" di bawah untuk resep lainnya

No comments:

Post a Comment

Pictures and Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o permission.
Dilarang mengkopi atau mencuri konten dari Blog ini tanpa seijin Winda Tanu atau akan kami tindak lanjuti.